Mohamad, Yazid Al Bustomi (2018) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR SHOOTING FUTSAL MELALUI PERMAINAN SHOOT BALL DI SMA NEGERI 1 PECANGAAN KABUPATEN JEPARA TAHUN 2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (779kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (188kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (790kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya variasi – variasi metode latihan dalam bentuk permainan khususnya dalam latihan shooting futsal di SMA N 1 Pecangaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model permainan Shoot Ball yang layak dijadikan sebagai alternatif pembelajaran teknik dasar shooting permainan futsal pada siswa Sekolah Menengah Atas khususnya pada siswa SMA N 1 Pecangaan Kabupaten Jepara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Pengembangan model permainan ini melalui beberapa tahapan diantaranya: pendahuluan, penentuan dan pengumpulan materi, pembuatan produk awal, evaluasi dan revisi. Setelah melalui tahap pembuatan produk awal, kemudian produk tersebut divalidasi oleh ahli permainan. Selanjutnya produk yang sudah direvisi divalidasi kembali oleh ahli pembelajaran. Setelah itu produk diuji coba kepada siswa melalui tahap uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Subjek uji coba produk adalah siswa SMA Negeri 1 Pecangaan Kabupaten Jepara. Data dikumpulkan melalui angket, dan wawancara. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran dan perbaikan produk serta data kualitatif lainnya. Data kualitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Saran -saran yang diperoleh digunakan untuk merevisi produk. Kualitas model permainan yang yang dikembangkan menurut penilaian dari ahli permainan dengan rerata skor 4 termasuk dalam kriteria “Baik”. Menurut ahli pembelajaran dengan rerata skor 4,6 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, sedangkan untuk penilaian siswa pada uji skala kecil total skor pada keseluruhan penilaian siswa adalah 316 dengan presentase 87,77% termasuk dalam kategori “Baik”. Pada uji coba skala besar total skor pada keseluruhan penilaian siswa adalah 779 dengan presentase 86,56% termasuk dalam kategori “Baik”. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model permainan Shoot ball layak dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran permainan futsal pada siswa Sekolah Menengah Atas. Perlu adanya pengembangan lebih lanjut untuk menyempurnakan bentuk permainan shoot ball ini. Kata Kunci: Pengembangan,Shoot Ball,Pembelajaran Futsal
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 07 Jan 2019 03:28 |
Last Modified: | 07 Jan 2019 03:28 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1411 |
Actions (login required)
View Item |