Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN HASIL DRIBBLE SEPAK BOLA MENGGUNAKAN METODE EXPLORASI DENGAN ALAT BANTU MEDIA CONE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTS NU TAMRINUT THULLAB KUDUS TAHUN 2017/2018

Eko Ananto, Aji Prastyo (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL DRIBBLE SEPAK BOLA MENGGUNAKAN METODE EXPLORASI DENGAN ALAT BANTU MEDIA CONE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTS NU TAMRINUT THULLAB KUDUS TAHUN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran dribbling pada permainan sepak bola siswa masih kurang baik. Disamping itu, nilai siswa dalam pembelajaran dribbling banyak di bawah batas kreteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribbling melalui metode explorasi dengan alat bantu media cone pada siswa kelas VII MTs NU Tamrinut Thullab Kabupaten Kudus di lihat dari aspek kognitif,afektif, dan pesikomotorik Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri 4 tahapan ialah perencanaan,pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Subjek penelitianya ini adalah seluruh siswa kelas VII A MTs NU Tamprinut Thullab Kabupaten Kudus. Hasil penelitian siswa dalam pembelajaran dribbling menggunakan media kun bagi siswa kelas VII A MTs NU Tamprinut Thullab Kabupaten Kudus mengalami peningkatan signifikan. Dimana tingkat ketuntasan belajar meningkat pada prasiklus ketuntasan belajar siswa hanya 17,3% atau sejumlah 4 siswa dan masih di bawah KKM 19 siswa atau 82,6% masih belum cukup dari pencapaian ketuntasan belajar yang di inginkan. Pada siklus I meningkat dari sebelumnya menjadi 48% yaitu 11 siswa sudah mencapai ketuntasan tapi masih belum mencapai batas yang di inginkan yaitu 75% maka di laksanakan siklus II ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan signifikan yang tuntas mencapai 91% atau sejumlah 21 siswa yang telah mencapai nilai di atas KKM yang masih di bawah KKM adalah 2 siswa di karenakan sakit. Setiap siklus terdapat peningkatan hasil pembelajaran dan tingkat ketuntasan siswa melebihi 75% Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran mengunakan media kun terbukti mampu meningkatkan hasil belajar sisiwa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan guru tentang penggunaan media kun dan bisa digunakan dalam proses pembelajaran selanjutnya Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Explorasi,Media Cone, Dribble Sepak Bola

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 04 Jan 2019 03:08
Last Modified: 04 Jan 2019 03:08
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1393

Actions (login required)

View Item View Item