Aris Muhammad, Adi Putra (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL MATERI SENAM LANTAI PADA MATA PELAJARAN PENJASORKES BAGI SISWA KELAS VIII SMP N 2 JATI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (819kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (55kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi anggapan siswa mengenai materi senam lantai dalam mata pelajaran penjasorkes adalah materi yang sukar. Tujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran yang layak digunakan dalam proses pembelajaran senam lantai. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Pengembangan dilakukan melalui tahapan: (1) menganalisis potensi dan masalah dengan menentukan mata pelajaran menganalisi kebutuhan dan menentukan materi, (2) mengumpulkan data dengan melakukakan analisis pembelajaran, menentukan tujuan pembelajaran, mengembangkan materi pembelajaran, (3) mendesain produk, (4) melakukan validasi produk yang dilakukan oleh ahli materi I dan ahli media I, selanjutnya produk yang sudah direvisi divalidasi kembali oleh ahli materi II dan ahli media II. (5) melakukan uji coba kelompok kecil, yang melibatkan 12 orang siswa (6) melakukan revisi, hasil uji coba kelompok kecil, data kemudian digunakan sebagai acuan dalam revisi kemudian dilakukan perbaikan, (7) melakukan uji coba skala besar, yang melibatkan 28 siswa dan (8) produk akhir. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas VIII siswa SMP Negeri 2 Jati. Data dikumpulkan melalui angket, dan wawancara. Berdasarkan hasil dari penelitian, maka dapat disimpulkan kualitas media pembelajaran yang dikembangkan menurut penilaian dari ahli materi I dengan rerata skor 3,8 termasuk dalam kriteria “Baik” dan menurut ahli materi II dengan rerata skor 4,3 termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Menurut ahli media I dengan rerata skor 3,5 termasuk dalam kategori “Baik” dan menurut ahli media II dengan rerata skor 4,05 termasuk dalam kriteria “Baik”, sedangkan pada penilaian uji skala kecil pada aspek kualitas media pembelajaran memiliki rerata skor 3,9 termasuk dalam kriteria “Baik” dan uji skala besar pada aspek kualitas media pembelajaran memiliki rerata skor 3,75 termasuk dalam kriteria “Baik”. Simpulan dari penelitian dan pengembangan ini dihasilkannya produk media pembelajaran audio visual materi senam lantai dalam mata pelajaran penjasorkes yang layak digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Saran dalam penelitian ini yaitu Perlu ada pengembangan lebih lanjut terkait media pembelajaran materi senam lantai Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Pembelajaran Senam Lantai
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 03 Jan 2019 03:23 |
Last Modified: | 03 Jan 2019 03:23 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1385 |
Actions (login required)
View Item |