Aji, Kholifudin (2018) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN BOLA GANDA KELAS VIII A MTS AL BIDAYAH CANDI BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER PDF.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PDF.pdf Download (395kB) | Preview |
|
Text
BAB II PDF.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III PDF.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
||
Text
BAB IV PDF.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) |
||
|
Text
BAB V PDF.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN PDF.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan bagi semua manusia, baik itu pendidikan formal maupun nonformal. Perkembangan dunia pendidikan merambah hingga masing-masing mata pelajaran, sehingga hampir semua mata pelajaran dilombakan untuk meraih prestasi. Salah satu komponen pendidikan yang wajib diajarkan di sekolah yaitu mata pelajaran pendidikan jasmani di SD, SMP maupun SMA. MTs Al Bidayah Candi Bandungan termasuk sekolah yang menerapkan pembelajaran pendidikan jasmani sebagai cara mengembangkan potensi siswa. Kurangnya variasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani, keterbatasan sarana dan prasarana, minat siswa yang besar akan tetapi belum terbina dengan model pembelajaran yang menyenangkan menjadi salah satu faktor yang mebuat peserta didik khusunya kelas VIII A belum mahir dalam menguasai teknik dasar passing atas bola voli. Penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas menggunakan permainan bola ganda. Metode yang digunakan untuk pengambilan data adalah pra siklus, siklus I dan siklus II. Sempel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A MTs Al Bidayah Candi Bandungan yang berjumlah 41 orang. Teknik Pengambilan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan non tes (observasi dan Dokumentasi). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada peningkatan kemampuan passing atas dari 0% pada pra siklus menjadi 7.32% pada siklus I menjadi sebesar 92.68% pada siklus II. Ketercapaian pada pembelajaran model pembelajaran permainan bola ganda untuk peningkatan hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli pada siswa nilai rata-rata kelas semakin meningkat, dari rata-rata 33.17 pada pra siklus menjadi 46.83 pada siklus I menjadi 85.85 pada akhir siklus II. Peningkatan nilai rata-rata kelas pra siklus, siklus I dan siklus II sebesar 5.04 Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi guru dalam meningkatkan kemampuan passing atas sebaiknya dengan menggunakan metode bermain passing bola ganda. Kata Kunci: bola ganda, passing atas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 02 Jan 2019 04:00 |
Last Modified: | 02 Jan 2019 04:00 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1381 |
Actions (login required)
View Item |