Nur, Kholis (2018) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOLABORATIF MI NEGERI DAN SWASTA DI KENDAL. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
File 1. COVER.pdf Download (963kB) | Preview |
|
|
Text
File 2. BAB I.pdf Download (440kB) | Preview |
|
Text
File 3. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
||
Text
File 4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
||
Text
File 5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
||
|
Text
File 6. BAB V.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
File 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
File 8. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (930kB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan proses belajar siswa salah satunya ditentukan oleh metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru ketika mengajar. Metode yang tepat dan efektif diyakini akan meningkatkan keberhasilan pembelajaran. Kurikulum menjadi acuan dari seluruh proses pembelajaran dari perencanaan hingga evaluasi. Kurikulum yang terus berkembang merupakan upaya pemerintah untuk membuat pendidikan di Indonesia terus beradaptasi dengan tuntutan zaman. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi metode pembelajaran kolaboratif di MIN 1 Kendal dan MI NU 47 Cepiring Kendal? Bagaimana problem, dan tantangan metode pembelajaran kolaboratif di MIN 1 Kendal dan MI NU 47 Cepiring Kendal? Penelitian untuk tesis ini adalah penelitian kualitatif, di mana hasil penelitian dilaporkan secara deskriptif yang tujuannya adalah untuk mengungkapkan suatu masalah dan keadaan sebagaimana adanya sehingga hanya merupakan penyingkapan fakta dengan menganalisis data. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan strategi studi kasus, yang sering digunakan untuk memahami individu, kelompok, lembaga, dan latar tertentu secara mendalam. Studi kasus adalah strategi pendekatan yang menelaah suatu objek secara mendetail, mendalam, dan komprehensif. Studi kasus bisa diterapkan pada individu ataupun kelompok masyarakat. Kesimpulan dari penelitian adalah: 1). Implementasi Metode Pembelajaran Kolaboratif di MIN 1 Kendal dan MI NU 47 Cepiring Kendal. Metode pembelajaran kolaboratif di MIN 1 Kendal disadari sebagai keniscayaan metode pembelajaran yang sesuai perkembangan zaman. Konsep PAKEM menjadi landasan implementasi metode pembelajaran kolaboratif. Dengan adanya Kurikulum 2013, kebutuhan akan pembelajaran kolaboratif semakin penting. Metode pembelajaran kolaboratif di MI NU 47 Cepiring Kendal belum maksimal karena keterbatan fasilitas madrasah dan pemahaman guru yang belum sepenuhnya menyadari pentingnya pembelajaran kolaboratif. 2). Problem dan Tantangan Metode Pembelajaran Kolaboratif di MIN 1 Kendal dan MI NU 47 Cepiring Kendal. Problem implementasi metode pembelajaran kolaboratif di MIN 1 Kendal adalah: siswa menganggap bahwa pembelajaran kolaboratif adalah saat bermain. Waktu pelajaran tidak mencukup untuk menyelesaikan satu sesi metode pembelajaran kolaboratif. Problem implementasi metode pembelajaran kolaboratif do MI NU 47 Cepiring Kendal adalah kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran yang mendukung. Siswa belum sepenuhnya memahami instruksi dari guru sehingga guru masih harus mengulang -ulang instruksi. Kata Kunci : Implementasi, Metode Pembelajaran, Metode Pembelajaran Kolaboratif,
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 03 Dec 2018 03:18 |
Last Modified: | 03 Dec 2018 03:18 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1359 |
Actions (login required)
View Item |