Wahid Hasyim University | Digital Repository

STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR SISWA YANG SEKOLAH DI MADRASAH DINIYAH DAN YANG TIDAK SEKOLAH DI MADRASAH DINIYAH PADA UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 KALIWUNGU KENDAL)

NUR, AZIZAH (2018) STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR SISWA YANG SEKOLAH DI MADRASAH DINIYAH DAN YANG TIDAK SEKOLAH DI MADRASAH DINIYAH PADA UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 KALIWUNGU KENDAL). Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang Perbandingan Prestasi Belajar Ujian Sekolah Berstandar Nasional ( USBN ) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kelas IX (Sembilan) yang berlatar belakang di Madrasah Diniyah ataupun sebaliknya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana prestasi belajar siswa yang sekolah di Madrasah Diniyah pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa yang tidak sekolah di Madrasah Diniyah pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam? (3) Apa latar belakang perbedaan prestasi belajar siswa yang sekolah di Madrasah Diniyah dan yang tidak sekolah di Madrasah Diniyah pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada tahun pelajaran 2016/2017? Penelitian yang penulis lakukan adalah jenis penelitian kuantatif dengan membandingankan prestasi belajar USBN antara dua kelompok yaitu siswa kelas IX SMP N 1 Kaliwungu yang berlatar belakang Madrasah Diniyah dan sebaliknya. Data kami peroleh dengan wawancara dan interview untuk data siswa Madin dan tidak Madin, selanjutnya dua kelompok bersama-sama melakukan USBN, hasil USBN kita olah untuk memastikan perbandingan prestasi belajar dua kelompok tersebut, kemudian penulis analisis dengan teknik Uji Independent Sample T-Test. Kajian ini menunjukkan bahwa : (1) Prestasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kaliwungu yang sekolah di Madrasah Diniyah pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada tahun 2016/2017 ada bedanya dengan Prestasi belajar siswa yang tidak sekolah di Madrasah Diniyah pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada tahun 2016/2017 rata-rata nilai 86,465 dan 77.570, (2) Bahwa aspek internal: Motivasi, Dukungan Orang Tua, dan aspek eksternal : Lingkungan serta Waktu Belajar adalah yang menjadi latar belakang perbedaan prestasi belajar siswa yang sekolah di Madrasah Diniyah dan yang tidak sekolah di Madrasah Diniyah pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada tahun pelajaran 2016/2017. Temuan tersebut memberikan acuan pada semua pihak untuk berbenah diri demi tercapainya prestasi belajar USBN Pendidikan Agama Islam. Kata kunci: Prestasi Belajar , Pendidikan Agama Islam, USBN , dan Madrasah Diniyah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 03 Dec 2018 03:10
Last Modified: 03 Dec 2018 03:10
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1358

Actions (login required)

View Item View Item