Wahid Hasyim University | Digital Repository

PELAKSANAAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN METODE KHURUJ DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM TRAGUNG KANDEMAN BATANG

Misbakhul, Huda (2018) PELAKSANAAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN METODE KHURUJ DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM TRAGUNG KANDEMAN BATANG. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text
BAB III DATA PELAKSANAAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN METODE KHURUJ.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
BAB IV ANALISIS PELAKSANAAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN METODE KHURUJ.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Pondok Pesantren pada umumnya menyelenggarakan pendidikan berbasis salaf dengan metode pembelajaran secara Bandongan dan Sorogan yang hanya fokus pada kajian kitab-kitab klasik, namun pada perkembangannya ada pesantren yang memadukan antara model pengajian klasik ditambah dengan dasar-dasar manajemen pembelajaran seperti pembelajaran dengan metode khuruj di Pondok Pesantren Darul Ulum Tragung, Kandeman, Batang yang menurut penulis menarik untuk diteliti. Rumusan masalah pada penelitian ini antara lain Bagaimana pelaksanaan manajemen pembelajaran metode khuruj diPondok Pesantren Darul Ulum Tragung Kandeman dan Faktor pendukung dan penghambat apa sajakah dalam pembelajaran metode Khuruj santri Pondok Pesantren Darul Ulum Tragung Kandeman. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang dilakukan dengan menggunakan data kualitatif. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan fenomenologis yaitu pendekatan terhadap sebuah kasus (fenomena) yang terjadi di masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Adapun hasil penelitian ini adalah: pertama, Khuruj yang dilaksanakan santri Pondok Pesantren Darul Ulum dilaksanakan dua kali dalam setahun yaitu bulan Robi’ul awwal dan bulan Sya’ban. Program khuruj dilaksanakan setelah santri menjalankan imtihan/tes pondok pesantren, dan pada waktu libur pondok pesantren. Kedua, Kegiatan ini memiliki dua faktor yang berperan utama yaitu faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung seperti Lokasi, dan kebutuhan tenaga pengajar di lokasi khuruj. Dan faktor penghambat antara lain Kemampuan santri yang tidak merata, Faktor Geografis, Kurangnya pengalaman santri. Terbatasnya transportasi. Kata-kata kunci : Manajemen Pembelajaran, Pondok Pesantren, Khuruj.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 29 Nov 2018 03:23
Last Modified: 29 Nov 2018 03:23
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1353

Actions (login required)

View Item View Item