Wahid Hasyim University | Digital Repository

PEMIKIRAN ABDULLAH NASIH ULWAN DALAM PENDIDIKAN (STUDI ANALISIS MENUMBUHKAN MORAL ANAK DALAM KITAB TARBIYAH AL-AULAD FIL ISLAM)

SITI, KHOLIFAH (2018) PEMIKIRAN ABDULLAH NASIH ULWAN DALAM PENDIDIKAN (STUDI ANALISIS MENUMBUHKAN MORAL ANAK DALAM KITAB TARBIYAH AL-AULAD FIL ISLAM). Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Orang tua memiliki tanggung jawab dalam mendidik anak-anaknya sehingga tumbuh menjadi anak yang bermoral. Abdullah Nasih Ulwan merupakan tokoh pemikiran tentang pendidikan anak dalam Islam yang akan diteliti sehingga hasilnya dapat dijadikan rujukan bagi orang tua. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemikiran umum Abdullah Nashih Ulwan tentang Pendidikan, apakah metode pendidikan yang digunakan untuk menumbuhkan moral anak menurut Abdullah Nashih Ulwan dalam kitab Tarbiyah al-Aulad Fi al-Islam, bagaimana relevansi pemikiran pendidikan Abdullah Nashih Ulwan dengan teori pendidikan kontemporer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedang sifat penelitian adalah deskriptif Anistik, analisis data menggunakan Analisis deduktif. Analisis deduktif merupakan penarikan kesimpulan yang berdasarkan atas data-data yang khusus kemudian digeneralisasikan pada hal-hal yang bersifat umum. Pemikiran umum tentang pendidikan agama Islam terhadap anak menurut Abdullah Nashih Ulwan terdiri dari beberapa bagian yaitu: Pendidikan iman, pendidikan moral, pendidikan fisik, pendidikan intelektual, pendidikan sosial, dan pendidikan seksual. Kemudian ditinjau dari segi lingkungan pendidikan, Nashih Ulwan mengklasifikasikannya menjadi tiga lingkungan pendidikan, yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Metode pendidikan Islam dalam menumbuhkan moral menurut Abdullah Nashih Ulwan dalam kitab Tarbiyah al-Aulad Fi al-Islam ada lima diantaranya adalah metode pendidikan dengan keteladanan, metode pendidikan dengan kebiasaan, metode pendidikan dengan nasihat, metode pendidikan dengan perhatian/pengawasan, metode pendidikan dengan hukuman. Pendidikan moral/akhlak tersebut yang digagaskan oleh Abdullah Nasih Ulwan relevan dengan pendidikan nasional. UU SISDIKNAS No.20 tahun 2003, pada bab II pasal 3 menyatakan bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 23 Aug 2018 07:22
Last Modified: 23 Aug 2018 07:22
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1296

Actions (login required)

View Item View Item