Wahid Hasyim University | Digital Repository

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL ULAMA’ NURUL HUDA SEMARANG

SIRAJATUL, LAMI’AH (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL ULAMA’ NURUL HUDA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Motivasi sangat penting agar pembelajaran berjalan dengan aktif, tidak terkecuali pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) yang dilakukan di Madrasah Aliyah (MA) Nahdlatul Ulama‟ (NU) Nurul Huda Semarang. Proses pembelajaran yang dilakukan dengan kepasifan siswa dan media konvensional akan menjadikan siswa kurang tertarik dan bosan dengan pembelajaran yang dilakukan, perlu melakukan pembelajaran dengan pendekatan CTL dan penggunaan media audio visual untuk menjadikan siswa lebih aktif dan tertarik dengan pembelajaran yang dilakukan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Seberapa besar pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran SKI di MA NU Nurul Huda Semarang?. 2) Seberapa besar pengaruh pendekatan CTL terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran SKI di MA NU Nurul Huda Semarang?. 3) Seberapa besar pengaruh penggunaan media audio visual dan pendekatan CTL terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran SKI di MA NU Nurul Huda Semarang? Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen. Subyek penelitian sebanyak 90 responden. Pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi dengan desaign true–exsperimental dengan posttest-only design, selanjutnya dibuktikan dengan uji beda t test. Rumusan hipotesis dalam penelitian ini adalah penggunaan media audio visual dan pendekatan CTL efektif terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran SKI di MA NU Nurul Huda Semarang. Kesimpulan dari penelitian adalah 1) Terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran SKI di MA NU Nurul Huda Semarang. Hal ini dapat di lihat dari rata-rata post test yang menggunakan metode ceramah dan tanya jawab = 66.16 sedangkan hasil rata-rata pre test menggunakan media audio visual = 81.70 dengan n 1 = 46 dan n 2 = 46 diperoleh thitung = 8.586 hasil tersebut kemudian dibandingkan dengan ttabel taraf signifikasi 5% (46 + 46 - 2) = 90 = 1.987 sehingga t tabel > thitung . 2) Terdapat pengaruh pendekatan CTL terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran SKI di MA NU Nurul Huda Semarang. Hal ini dapat di lihat dari Rata-rata menggunakan metode ceramah dan tanya jawab adalah 64.30 sedangkan hasil rata-rata menggunakan pendekatan CTL adalah82.02 dengan n 1 = 44 dan n 2 = 44 diperoleh t hitung = 8,344 hasil tersebut kemudian dibandingkan dengan ttabel taraf signifikasi 5% (44 + 44 - 2) = 86 = 1.988 sehingga t tabel > thitung. 3) Terdapat pengaruh penggunaan media audio visual dan pendekatan CTL terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran SKI di MA NU Nurul Huda Semarang. Hal ini dapat dilihat dari Rata-rata menggunakan media konvensional ceramah dan tanya jawab adalah 69.87 sedangkan hasil rata-rata menggunakan pendekatan CTL adalah 82.76 dengan n 1 = 46 dan n 2 = 46 diperoleh thitung = 7,704 hasil tersebut kemudian dibandingkan dengan ttabel taraf signifikasi 5% (46 + 46 - 2) = 90 = 1.987 sehingga t tabel > thitung .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 23 Aug 2018 07:10
Last Modified: 23 Aug 2018 07:11
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1293

Actions (login required)

View Item View Item