Ali, Muchtar (2018) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH BERBASIS BOARDING SCHOOL ( Studi Kasus di MTs. Nurul Wahid Desa Simo Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan). Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (493kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sinergi pengelolaan sekolah sebagai lembaga pendidikan dengan sistem modern dan budaya pesantren yang mengajarkan kemandirian para siswa perlu mendapatkan perhatian dalam pengelolaan sekolah sekarang ini. Disinilah perlunya membuat formulasi manajemen pembelajaran di sekolah yang berbasis Boarding School. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : 1) Bagaimana implementasi Manajemen Pembelajaran di sekolah berbais boarding school MTs. Nurul Wahid. 2) Apa yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran di sekolah berbais boarding school MTs. Nurul Wahid. 3) Bagaimana mengoptimalkan faktor pendukung dan meminimalisirkan faktor penghambat dalam pelaksanaan manajemen pembejarandi sekolah berbais boarding school MTs. Nurul Wahid desa Simo. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif lapangan karena penelitian ini menggunakan kehidupan nyata sebagai tempat kajian dan memiliki tujuan untuk memperoleh makna dan pemahaman budaya subyek penelitian. Penelitian ini hanya menggambarkan keadaan pada lapangan penelitian maka bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan tiga teknik yaitu ketekunan pengamatan, triangulasi dan melibatkan informan. Adapun untuk menganalisis data, peneliti menggunakan cara reduksi data, display data, mengambil kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan pelaksanaan manajemen pembelajaran di sekolah berbasis Boarding Scool MTs. Nurul Wahid desa Simo kecamatan Kradenan kabupaten Grobogan Tahun 2017 secara umum bisa dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dari data lapangan mengenai unsur-unsur yang ada di dalam manajemen pembelajaran MTs. Nurul Wahid tersebut, baik dari segi perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, maupun penilaian pembelajaran telah di terapkan sesuai prosedur yang ada. Dalam implementasi manajemen pembelajaran terdapat Faktor pendukung yang dapat dioptimalkan dengan berbagai tindakan dari madarasah dan ada faktor penghambat yang dapat diminimalisir dengan berbagai tindakan dari madarasah sehingga pelaksanaan manajemen pembelajaran di madarasah tsanawiyah Nurul Wahid berjalan baik sesuai harapan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 23 Aug 2018 02:55 |
Last Modified: | 23 Aug 2018 02:55 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1286 |
Actions (login required)
View Item |