SRI, KUSMAYATI (2018) STRATEGI GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER AKHLAQUL KARIMAH SISWA PADA PEMBELAJARAN TAHSINAL QUR’AN DI SMP IT HARAPAN BUNDA SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah merosotnya moral/ akhlak peserta didik yang disebabkan oleh gencarnya arus globalisasi. Hal ini menyebabkan bergesernya kebudayaan luhur bangsa Indonesia oleh kebudayaan asing yang kurang mendidik. Kenakalan remaja pun, khususnya yang dilakukan pelajar semakin meningkat mulai dari perilaku menyimpang yang ringan sampai yang berat. Tentu hal ini menjadi tanggung jawab banyak pihak mulai dari keluarga, lingkungan sekolah serta pengawasan dari pemerintah untuk segera m encari jalan keluar atas permasalahan akhlak remaja tersebut. Karena sejatinya puncak dari pendidikan adalah meningkatnya kualitas iman dan takwa individu kepada Tuhan Yang Maha Esa. Skripsi ini membahas tentang bagaimana strategi yang dilakukan guru dalam rangka membangun pendidikan karakter akhlaqul karimahsiswa pada pembelajaran tahsin Al Qur‟an di SMP IT Harapan Bunda Semarang. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan akhlak peserta didik di mana guru harus memiliki upaya khusus dalam rangka pendidikan akhlaqul karimah siswa. Proses pendidikan akhlaqul karimahini dapat dimasukkan ke dalam proses pembelajaran maupun berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam membangun karakter akhlaqul karimahdi SMP IT Harapan Bunda Semarang bukan pada mata pelajaran tersendiri namun diintegrasikan dalam semua mata pelajaran dan kegiatan yang ada. Selain itu penelitian juga menunjukkan bahwa faktor keteladanan, pembiasaan, penegakkan kedisiplinan merupakan strategi yang utama bagi keberhasilan dalam membangun karakter siswa di SMP IT Harapan Bunda Semarang yang sangat memperhatikan kemajuan pembelajaran Al Qur‟an, keteladanan dari guru Al Qur‟an maupun guru mata pelajaran lain yang sudah baik, sarana dan prasarana di SMP IT Harapan Bunda Semarang sudah lengkap, orang tua siswa SMP IT Harapan Bunda Semarang yang mendukung dan support segala kegiatan sekolah yang mendukung pendidikan karakter akhlaqul karimah serta alumni SMP IT Harapan Bunda Semarang yang menjadi umber inspirasi bagi adik-adik kelasnya dan bagi masyarakat di sekitar tempat tinggalnya. Berdasarkan penelitian tersebut, guru diharapkan mampu untuk mempertahankan segala bentuk upaya pendidikan akhlaqul karimah terhadap siswa. Di samping itu, sekolah juga dituntut untuk meningkatkan level pembinaan akhlak siswa mengingat arus globalisasi yang semakin gencar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 07:58 |
Last Modified: | 20 Aug 2018 07:58 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1275 |
Actions (login required)
View Item |