Siti, Miftachur Rochmah (2018) STUDI KORELASI ANTARA KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB (STUDI KASUS KELAS VIII A MTS SALAFIYAH KALANGLUNDO NGARINGAN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018). Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
cover PDF.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 PDF.pdf Download (813kB) | Preview |
|
Text
BAB II PDF.pdf Restricted to Registered users only Download (743kB) |
||
Text
BAB III PDF.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
||
Text
BAB IV PDF.pdf Restricted to Registered users only Download (684kB) |
||
|
Text
BAB V PDF.pdf Download (728kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN PDF.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan Baca Tulis Al-Qur‟an merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik. Dengan kemampuan baca tulis al-Qur‟an yang baik akan membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran bahasa arab. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemampuan baca tulis al-Qur‟an dengan prestasi belajar bahasa arab (Studi kasus kelas VIII A MTs Salafiyah Kalanglundo Ngaringan Grobogan tahun pelajaran 2017/2018). Jenis penelitian yang digunakan penelitian adalah field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kuantitatif, analisisnya menggunakan rumus product moment. Setelah diadakan penelitian, maka peneliti mendapatkan hasil sebagai berikut: 1) Kemampuan baca tulis Al-Qur‟an siswa melalui nilai tes BTA yang dilakukan oleh peneliti secara keseluruhan menunjukkan bahwa nilai rata-ratanya cukup baik, ini terlihat dari nilai rata-rata sebesar 42,7 yang termasuk dalam interval 41-44. 2) Prestasi mata pelajaran bahasa arab siswa kelas VIII A MTs Salafiyah Kalanglundo Ngaringan Grobogan tergolong baik, ini terlihat dari nilai rata-rata sebesar 78,8 yang termasuk dalam interval 78-79. 3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan baca tulis al-Qur‟an dengan prestasi belajar bahasa arab (studi kasus kelas VIII A MTs Salafiyah Kalanglundo Ngaringan Grobogan tahun pelajaran 2017/2018). Hal ini terbukti berdasarkan perhitungan statistik, dengan menggunakan rumus korelasi product moment yang hasilna sebagai berikut: pada taraf signifikan 5% = 0,374, pada taraf signifikan 1% = 0,479. Berdasarkan analisis kuantitatif korelasi product moment sebesar (Rxy) = 0,731. Hasil tersebut kemudian diinterprestasikan secara sederhana dan berkonsultasi pada pada taraf signifikan 1% (0,731 > 0,479) dan pada taraf signifikan 5% (0,731 > 0,374). Karena nilai lebih besar dari baik pada taraf signifikan 1% maupun 5% maka terdapat korelasi positif antara variabel kemampuan baca tulis al-Qur‟an dengan variabel prestasi belajar bahasa arab siswa kelas VIII A MTs Salafiyah Kalanglunglundo Ngaringan Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 07:52 |
Last Modified: | 20 Aug 2018 07:52 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1272 |
Actions (login required)
View Item |