Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN TERHADAP SIKAP JUJUR SISWA MA NURUL ULUM BATURSARI MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SAMSU, DHAKIROH (2018) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN TERHADAP SIKAP JUJUR SISWA MA NURUL ULUM BATURSARI MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter kejujuran adalah upaya-upaya yang dirancang dan dilaksanakan secara sistematis dan berkelanjutan untuk membantu peserta didik memahami nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan kejujuran yang terwujud dalam komponen pengetahuan, kesadaran, pikiran, perasaan, perkataan, dan perbuatan sesuai norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat istiadat Sebagai metode dalam pendidikan karakter kejujuran yang diterapkan di MA Nurul Ulum Batursari Mranggen Demak dimaksudkan sebagai upaya dalam meningkatkan sikap jujur siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter kejujuran yang dilakukan di MA Nurul Ulum?, bagaimana sikap jujur siswa?, dan bagaimana pengaruh pendidikan karakter kejujuran tersebut terhadap sikap jujur siswa. Penelitian dilakukan terhadap siswa siswi MA Nurul Ulum dengan jumlah 26. Penelitian ini merupakan penelitian kuntitatif dengan menggunakan deskriptif analisis. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara (1) Angket, (2) Observasi, (3) Wawancara, (4) Dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisa secara diskriptif, lalu untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter kejujuran terhadap sikap jujur siswa MA Nurul Ulum, data dianalisis dengan menggunakan koefisien korelasi Product Moment. Hal ini dilakukan untuk mengetahui tingkat korelasi kedua variabel tersebut. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) pendidikan karakter kejujuran yang telah diterapkan di MA Nurul Ulum diperoleh rata-rata nilai sebesar 83,84 dan termasuk dalam kategori Sangat Baik. (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata sikap jujur siswa adalah sebesar 77 dan termasuk dalam kategori Sangat Baik. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan karakter kejujuran terhadap sikap jujur siswa MA Nurul Ulum Batursari Mranggen Demak tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dapat ditunjukkan dengan bukti hasil perhitungan nilai r observasi ( o r ) = 0,527 lebih besar jika dibandingkan dengan nilai r table ( t r ) = 0,496 pada taraf signifikasi 1 %, maupun pada taraf signifikansi 5 % dengan nilai r table ( t r ) = 0,388. (4) Besarnya pengaruh pendidikan karakter kejujuran terhadap sikap jujur siswa MA Nurul Ulum Batursari Mranggen Demak tahun pelajaran 2017/2018 adalah sebesar 27,77% sedangkan sisanya 72,23% sikap jujur siswa dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 20 Aug 2018 07:46
Last Modified: 20 Aug 2018 07:46
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1269

Actions (login required)

View Item View Item