RIZKY, YULI FARKHATI (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP ETIKA SISWA DI MTs AL-ASROR GUNUNGPATI SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (556kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap etika, subyek dalam penelitian ini adalah siswa di MTs Al-Asror Gunungpati Semarang tahun pelajaran 2016/2017, penelitian ini merupakan penelitian menggunakan sampel dengan teknik sample random sampling dengan persentase 50% dari 100% dengan populasi 620 responden dengan demikian maka hasil dari pada persentase 10% adalah 62 siswa, sedangkan untuk metode pengumpulan data untuk kedua variabel pembelajaran aqidah akhlak sebagai variabel X menggunakan metode angket dan etika siswa sebagai variabel Y menggunakan metode angket. Pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan uji statistik dengan menggunakan korelasi product moment maka hipotesis yang menyatakan: “ ada pengaruh signifikan antara pembelajaran aqidah akhlak dengan etika siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs AlAsror Gunungpati Semarang tahun pelajaran 2016/2017, pada taraf signifikan 5% maupun 1% dapat diterima, hal ini dibuktikan bahwa dari analisis uji hipotesis diperoleh nilai r xy adalah 0,290 dibandingkan dengan taraf signifikan 5%, r xy = (0,290>0,250), dan pada taraf signifikan 1%, r xy = (0,290<0,325), dari perbandingan tersebut terlihat bahwa angka r xy lebih kecil angka dari “r” tabel ini berarti ini berarti ada pengaruh hubungan (korelasi) yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Dengan demikian baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yang menunjukkan adanya angka yang lebih besar dan lebih kecil, ini artinya ada pengaruh antara pembelajaran aqidah akhlak dengan etika siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al-Asror Gunungpati Semarang tahun pelajaran 2016/2017, sehingga hipotesis yang diajukan diterima, dan dapat dibuktikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat kita pahami bahwa semakin rajin \siswa dalam belajar aqidah akhlak maka akan semakin baik perilaku yang di dapatkan, salah satunya dalam peningkatan pembelajaran. Dengan hasil penelitian tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai bahan informasi masukan bagi para siswa, bahwa belajar tidak hanya di dapat ilmu di dalam kelas, tetapi juga bisa didapatkan di lingkungan sekitar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 07:34 |
Last Modified: | 20 Aug 2018 07:34 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1265 |
Actions (login required)
View Item |