Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH PENGGUNAAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MATERI IKHLAS, TA’AT, KHAUF DAN TAUBAT KELAS VII MTs AL ASROR SEMARANG

Ita, Ayu Dari (2018) PENGARUH PENGGUNAAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MATERI IKHLAS, TA’AT, KHAUF DAN TAUBAT KELAS VII MTs AL ASROR SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 .pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar adalah perubahan yang mengakibatkan manusia berubah dalam sikap dan tingkah lakunya. Perubahan perilaku disebabkan karena mencapai penguasaan atas sejumlah bahan yang diberikan dalam proses belajar mengajar. Hasil belajar dapat meningkat apabila guru dapat memberikan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, diantaranya adalah metode resitasi. Rumusan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) penggunaan metode resitasi (2) hasil belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak materi ikhlas, ta’at, khauf dan taubat (3) pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak materi ikhlas, ta’at, khauf dan taubat kelas VII MTs Al Asror Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) penggunaan metode resitasi dalam pembelajaran (2) hasil belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak materi ikhlas, ta’at, khauf dan taubat (3) penggunaan metode resitasi terhadap hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak materi ikhlas, ta’at, khauf dan taubat kelas VII MTs Al Asror Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) observasi (2) angket (3) tes dan (4) dokumentasi. Analisis pengumpulan data menggunakan (1) analisis pendahuluan (2) analisis uji hipotesis (3) analisis lanjut. Hasil penelitian (1) penggunaan metode resitasi di MTs Al Asror Semarang termasuk dalam kategori baik, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata (mean) yaitu 54 yang terletak pada interval 49-55 (2) hasil belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII di MTs Al Asror Semarang termasuk dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata (mean) yaitu 61 yang terletak pada interval 58 – 71 (3) ada pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak materi ikhlas, ta’at, khauf dan taubat di MTs Al Asror Semarang. Hal ini dapat dibuktikan dengan perhitungan harga r hitung yang diperoleh sebesar 0,772 dan r tabel pada taraf signifikan 5% dengan jumlah N = 21 sebesar 0,413 yang berarti r hitung > r tabel atau 0,772 > 0,413.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 20 Aug 2018 04:21
Last Modified: 20 Aug 2018 04:21
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1237

Actions (login required)

View Item View Item