IKHWANI, IKHWANI (2018) PENGARUH KOMUNIKASIGURU PAI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS X SMA MA’ARIF NU JATINEGARA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (453kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya adalah faktor guru dalam melakasanakan proses belajar mengajar, karena secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan dan juga ketrampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan diatas dan untuk mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan memiliki cara/model yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah : (a) Bagaimana tingkat pemahaman siswa dalam pembelajaran PAI dengan adanya komunikasi guru PAI yang baik? (b) Bagaimana pengaruh komunikasi guru PAI terhadap tingakat pemahaman siswa dalam pembelajaran PAI ? Tujuan dari penelitian ini adalah : (a) Ingin mengetahui tingkat pemahaman siswa setelah adanya komunikasi guru y ang baik? (b) Ingin mengetahui pengaruh tingkat pemahaman siswa setelah adanya komunikasi guru yang baik? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Ma‟arif NU Jatinegara Tegal tahun pelajaran 2014/2015. Data yang diperoleh berupa hasil penyebaran instrument kuesioner atau angket untuk menjaring data tentang komunikasi guru Pendidikan Agama Islam (variabel X) dan tingkat pemahaman siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (variabel Y), juga merupakan penelitian populasi dengan subyek penelitian 40 responden. Dari hasil analisis didapatkan bahwa tingkat pemahaman siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah menggunakan metode komunikasi guru yang baik. I ni dilihat dari hasil perhitungan r tabel (rt) dengan N = 40 pada taraf signifikan 5 % = 0,815 lebih besar jika dibandingkan r tabel (0,815 > 0,312) dan juga pada taraf signifikan 1 % (0,815 > 0,403).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 04:14 |
Last Modified: | 20 Aug 2018 04:14 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1234 |
Actions (login required)
View Item |