ASHADI, ASHADI (2018) SISTEM PEMBELAJARAN ALFIYAH IBN MALIK DAN PERANANNYA DALAM MEMBANTU PEMAHAMAN TEKS BERBAHASA ARAB DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST (Studi Kasus di MTs Salafiyah Miftahul Ulum Jogoloyo Wonosalam Demak Jateng). Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (467kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (985kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (736kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kesulitan menggunakan bahasa Arab dengan baik dan benar sudah berlangsung sejak zaman sahabat Ali bin Abi Thalib. Karena keprihatinan Abu al-Aswad Zalim bin Sufyan Al-Du’ali ketika mengetahui susunan bahasa putrinya kacau maka atas izin sahabat Ali ra beliau menyusun suatu gramatikal Arab yang kemudian dikenal dengan Imu Nahwu. Ilmu ini berkembang dengan pesat. Perkembangannya tidak hanya meliputi kawasan Timur Tengah tetapi sampai kawasan Asia tetapi juga metodenya. Di Indonesia Ilmu Nahwu diajarkan di berbagai lembaga pendidikan, baik pendidikan pesantren maupun non pesantren. Madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan di Indonesia memiliki latar belakang yang cukup unik, baik tumbuh, perkembangan maupun kurikulumnya. Salah satu kurikulum yang pasti ada adalah bahasa Arab. Meskipun bahasa Arab telah diajarkan pada tingkat dasar (madrasah Ibtidaiyyah) sampai tingkat atas (madrasah Aliyah) rupanya para peserta didik masih mengalami cukup banyak kesulitan. Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui metode yang tepat mengajarkan bahasa Arab sebagai solusi mengatasi kesulitan ini. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk; (1) Mengetahui sistem pembelajaran Alfiyah Ibn Malik di MTs Miftahul Ulum Jogoloyo Wonosalam Demak (2) Mengetahui peran pembelajaran Alfiyah Ibn Malik dalam membantu pemahaman teks berbahasa Arab dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadist bagi peserta didik MTs Miftahul Ulum Jogoloyo Wonosalam Demak. Penelitian ini secara metodologi tergolong field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX MTs Miftahul Ulum Jogoloyo Wonosalam Demak tahun pelajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan; (1) sistem pembelajaran Alfiyah Ibn Malik yang dilaksanakan cukup membantu menganalisis teks berbahasa arab secara kritis, (2) peran pembelajaran Alfiyah Ibn Malik sangat membantu dalam memahami teks berbahasa Arab dalam mapel Alquran Hadist.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 07:37 |
Last Modified: | 16 Aug 2018 07:37 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1217 |
Actions (login required)
View Item |