Khoirunnisa', Lathifah (2018) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI BUNYI KELAS IV DI SDIT AL FIRDAUS SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (832kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (822kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (832kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (816kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (814kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Minimnya penggunaan model pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA, membuat siswa tidak ada ketertarikan dalam belajar sehingga ketika guru menyampaikan materi siswa mudah lupa. Penelitian ini dibuat bertujuan untuk membuat model yang efektif dalam pembelajaran yang efektif yang mengarah pada keaktifan siswa yang bisa dilakukan guru IPA adalah penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) sebagai strategi pembelajaran yang baik dan menyenangkan bahkan model ini dapat melibatkan partisipasi peserta didik secara aktif. Fokus dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan : (1) Penerapan dan (2) Peningkatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) Untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang energi bunyi melalui model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Penelitian ini dilakukan dengan metode pengumpulan data dan metode analisis data.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) Pengamatan (observasi) (2) Tes (3) Dokumentasi (4) Wawancara. Analisis pengumpulan data di lakukan dengan (1) data kuantitatif (2) dan data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti di kelas IV SDIT Al Firdaus Semarang Tahun Ajaran 2017/2018, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata setiap siswa mengalami peningkatan, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 64%. Upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan energi bunyi dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berhasil. Hal ini ditunjukkan oleh kenaikan secara signifikan rata-rata nilai pemahaman siswa. Juga dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) siswa menjadi aktif, dapat bekerja sama dan semangat untuk mencari tahu. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa naik 88%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 15 Aug 2018 07:57 |
Last Modified: | 15 Aug 2018 07:57 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1202 |
Actions (login required)
View Item |