Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLELEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BERMAIN KARTU KATA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN BAHASA INDOENSIA (Studi Kasus di MI Miftahul Khoirot Batursari Mranggen)

Elsha, Rinda Jayanti (2018) IMPLELEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BERMAIN KARTU KATA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN BAHASA INDOENSIA (Studi Kasus di MI Miftahul Khoirot Batursari Mranggen). Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (996kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Guru yang kaya dengan strategi, metode dan model pendidikan tentunya akan menarik perhatian peserta didik, sehingga motivasi peserta didik dapat tumbuh dengan sendirinya, di sisi lain seorang guru yang miskin dengan trategi, metode dan model pendidikan tentunya akan membuat jenuh peserta didik dan mengakibatkan prestasi peserta didik juga menurun. Berdasarkan obsevasi di kelas II MI Miftahul Khoirot Batursari Mranggen, telah ditemukan ada banyak peserta didik yang belum mampu menulis kalimat sederhana dengan baik. Metode pembelajaran kartu kata merupakan metode yang menggunakan media pembelajaran yang berupa kartu dimana di setiap kartu terdapat satu kata yang dapat dirangkai menjadi sebuah kalimat yang baik. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran dengan menggunakan permainan kartu kata di kelas II MI Miftahul Khoirot Batursari Mranggen tahun pelajaran 2017/2018, menganalisis faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan permainan kartu kata, dan solusi-solusi yang digunakan guru dalam mengatasi kendala-kendala mengimplementasikan pembelajaran dengan menggunakan permainan kartu kata. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu implementasi pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan permainan kartu kata di kelas II MI Miftahul Khoirot Batursari Mranggen sudah sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran pada umumnya yaitu dengan membuat perencanaan pembelajaran. Perencanaan Pembelajarannya yang dibuat oleh guru sudah memenuhi standar minimal perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran sesuai perencanaan dan penilaian. Faktor pendukungnya yaitu metode permainan kartu kata sangat jarang digunakan jadi siswa tertarik dengan metode pembelajaran tersebut, kelas dibagi menjadi beberapa kelompok kecil sehingga terjadi persaingan kelompok. Kendala-kendala yang dihadapi guru yaitu metode pembelajaran relaif baru jadi ada beberapa siswa kebingungan dalam mengaplikasikan pembelajaran dengan menggunakan kartu kata solusinya guru harus sering mengulang-ngulang keterangan langkah-langkah pembejaran dengan kartu kata, dan ada beberapa kelompok yang kesulitan dalam merangkai kata-kata pada kartu kata, guru menggunakan solusi dengan mendampingi siswa yang merasa kesulitan dalam menyusun kata pada kartu kata secara aktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 15 Aug 2018 07:43
Last Modified: 15 Aug 2018 07:43
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1199

Actions (login required)

View Item View Item