Wahid Hasyim University | Digital Repository

ANALISIS PEMASARAN SIRUP KAWIS (Limonia acidissima L ) (Studi Kasus Di UD “Karya Bakti Makanan dan Minuman” Kabupaten Rembang)

Fahreza, Sonia Putri (2018) ANALISIS PEMASARAN SIRUP KAWIS (Limonia acidissima L ) (Studi Kasus Di UD “Karya Bakti Makanan dan Minuman” Kabupaten Rembang). Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

Buah kawis merupakan buah langka yang tumbuh di Kabupaten Rembang, yang memiliki bentuk, aroma dan rasa yang khas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jalur pemasaran, pemasaran marjin dan efisiensi pemasaran dalam pemasaran sirup kawis. Metode dasar yang digunakan adalah metode deskriptif, penentuan sampel lokasi dengan purposive sampling dan sampel responden dengan snowball sampling yang terdiri dari 1 produsen, 2 pedagang besar, 22 pedagang pengecer dan 10 konsumen akhir. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diambil pada bulan Desember 2017 dengan teknik wawancara, pencatatan dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga saluran pemasaran sirup kawis. Saluran I : Produsen-Konsumen Akhir, saluran II : Produsen-Pedagang Pengecer-Konsumen Akhir dan saluran III : Produsen-Pedagang Besar-Pedagang Pengecer-Konsumen Akhir. Marjin Pemasaran pada saluran I tidak terbentuk karena harga yang ditentukan produsen dan harga yang diterima konsumen sama. Marjin pemasaran saluran II Rp 3.400 per botol dan saluran III Rp 6.500 per botol. Pemasaran sirup kawis sudah efisien, karena ketiga saluran pemasaran mempunyai persentase marjin yang rendah (saluran I = 0%, saluran II = 11,9% and saluran III = 21,6%) dan producer’s share tinggi (saluran I = 100%, saluran II = 88% and saluran III = 79,4%). Saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran I karena semakin pendek saluran pemasaran maka semakin efisien pemasaran tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 11 Aug 2018 03:19
Last Modified: 11 Aug 2018 03:19
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1071

Actions (login required)

View Item View Item