Wahid Hasyim University | Digital Repository

STUDI KOMPARASI IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DI TPQ AL-INHADL SAYUNG DEMAK DENGAN METODE QIRO’ATI DI TPQ AL-BURHAN MRANGGEN DEMAK DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017

SUSI SUSANTI, SUSI SUSANTI (2017) STUDI KOMPARASI IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DI TPQ AL-INHADL SAYUNG DEMAK DENGAN METODE QIRO’ATI DI TPQ AL-BURHAN MRANGGEN DEMAK DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan komparasi implementasi metode Yanbu’a di TPQ Al-Inhadl Sayung Demak dengan metode Qiro’ati di TPQ Al-Burhan Mranggen Demak dalam pembelajaran baca tulis Al- Qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penetian kualitatif, adapun teknik cuplikan penelitian menggunakan puposive sampling, hal ini dilakukan dengan memilih infoman yang dianggap mengetahui informasi dan masalah secara mendalam dan dapat dipercaya sebagai sumber data yang mantap. Kemudian setelah data yang diperoleh di lakukan analisis dengan menggunakan analisis model non statistik yaitu pengolahan data dengan tidak menggunakan analisis sttistik melainkan menggunakan analisis kualitatif yaitu menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini terjun langsung ke lapangan, mempelajari, menganalisis, menafsirkan, dan menarik kesimpulan dari fenomena yang terjadi di lapangan. Hasil penenlitian ini menunjukkan bahwa: 1) Adanya perbandingan antara pembelajaran menggunakan metode Yanbu’a dengan metode Qiro’ati. 2) Adanya perbedaan materi pembelajaran pada metode Yanbu’a dengan Qiro’ati. 3) Adanya perbedaan sistem pembelajaran dan waktu pembelajaran pada metode Yanbu’a dengan metode Qiro’ati. Adapun hasil pembelajaran dengan menggunakan metode Yanbu’a dan pembelajaran dengan menggunakan metode Qiro’ati tergolong kriteria pembelajaran yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 18 May 2017 08:28
Last Modified: 18 May 2017 08:28
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/717

Actions (login required)

View Item View Item