Isna Khomsa Fitriyah, Isna Khomsa Fitriyah (2017) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (243kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memberikan gambaran tentang intensitas pemfaatan perpustakaan sekolah. Perpustakaan adalah sebagai sarana pendidikan , tentu saja mempunyai peran yang teramat penting. Peran perpustakaan yang efektif tentu akan mempengaruhi prestasi belajar siswa terutama pada mata pelajaran PAI. Sehingga siswa menjadi mempunyai wawasan yang luas. Hal ini disebabkan siswa merasa mendapat pengetahuan selain di dalam kelas. Pertayaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Seberapa jauh aktifitas siswa dalam memanfaatkan buku-buku perpustakaan pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang pada tahun pelajaran 2016/2017? (2) Seberapa jauh prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang? Dan (3) Adakah hubungan antara intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 ?. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui aktifitas siswa dalam meminjam buku di perpustakaan di SMP Negeri 1, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI, (3) Untuk mengetahui gambaran yang jelas mengenai hubungan intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Menjawab pertayaan tersebut maka penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Peneliti disini menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket/kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini yaitu: (1) Tingkat intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa SMP Negeri 1 Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang beragam yaitu ada yang tinggi, sedang dang rendah, (2) Tingkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Candimulyo beragam yaitu ada yang tinggi, sedang, dan rendah. Dengan demikian, Hubungan intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah dapat meningkatkan motivasi dan wawasan yang luas terhadap prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 18 May 2017 04:05 |
Last Modified: | 18 May 2017 04:05 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/707 |
Actions (login required)
View Item |