Wahid Hasyim University | Digital Repository

PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK TETAP DAN BERTAHAP TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA PUTRI KELAS VII DI MTs NU 21 BANYURINGIN 2015-2016

Rokhimin Ahmad, Rokhimin (2016) PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK TETAP DAN BERTAHAP TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA PUTRI KELAS VII DI MTs NU 21 BANYURINGIN 2015-2016. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Rokhimin Ahmad 2016. “Perbedaan Pembelajaran Jarak Tetap Dan Bertahap Terhadap Kemampuan Servis Bawah Bola Voli Pada Siswa Putri Kelas VII Di MTs NU 21 Banyuringin” Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Wahid Hasyim Semarang. Nowo Tri Purnomo, M.Pd., Liska Sukiyandari, M.Pd. Kata Kunci : Jarak Tetap, Jarak Bertahap Servis Bawah Bola Voli Permaianan bola voli merupakan salah satu cabang olahraga bola besar yang diajarkan siswa disekolah. Tehnik-tehnik dasar dalam permainan bola voli salah satunya adalah servis bawah. Pengetahuan siswa tentang servis bawah yang masih rendah membuat siswa susah untuk mencapai hasil ketepatan servis yang maksimal. Kurangnya inovasi dalam memberikan latihan juga menyebabkan hasil ketepatan servis yang tidak maksimal. Oleh karena itu, adanya pembelajaran servis bawah jarak tetap dan bertahap diharapkan dapat meningkatkan hasil ketepatan servis bawah siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan tingkat efektifitas antara pembelajaran jarak tetap dan bertahap terhadap ketepatan sevis bawah bola voli siswa putri kelas VII di MTs NU 21 Banyuringin. Metode penelitian ini menggunakan desain pre-test dan post-test. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa putri kelas VII di MTs NU 21 Banyuringin sebanyak 20 siwa. Untuk variable bebas penelitian ini adalah pembelajaran servis bawah menggunakan jarak tetap dan pembelajaran servis bawah menggunakan jarak bertahap. Variable terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan servis bawah bola voli pada siswa putri kelas VII di MTs NU 21 Banyuringin. Hasil penelitian ini ada perbedaan terhadap kemampuan servis bawah bola voli di MTs NU 21 Banyuringin. Jumlah siswa sebanyak 20 orang dibagi menjadi 2 kelompok dengan tehnik ABBA yaitu eksperimen 1 servis menggunakan jarak tetap dan eksperimen 2 menggunakan jarak bertahap. Berdasarkan uji-t diperoleh hasil sebesar 5.530 ≥ dari t-tabel yaitu 2.093, dimana terdapat perbedaan setelah adanya latihan servis bawah jarak tetap terhadap kemampuan servis bawah bola voli. Hasil uji-t pada perlakuan servis bawah jarak bertahap juga memberikan hasil sebesar 6.138 ≥ dari t-tabel yaitu 2.093, sehingga terdapat perbedaan setelah adanya latihan servis bawah jarak bertahap terhadap kemampuan servis bawah bola voli. Kesimpulan dalam penelitian ini, menurut perhitungan statistik adanya perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan servis bawah bola voli. pembelajaran servis bawah dengan jarak bertahap lebih baik dari pada pembelajaran servis bawah dengan jarak tetap dalam meningkatkan ketepatan servis bawah bola voli di MTs NU 21 Banyuringin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 07 Dec 2016 02:57
Last Modified: 07 Dec 2016 02:57
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/690

Actions (login required)

View Item View Item