Prapti, Prapti (2015) PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MENGGUNAKAN KID ATLETIK PADA SISWA KELAS V SD WONODRI SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
Cover Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
Abstract
Dari hasil penelitian lompat jauh pada kegiatan KBM SD Negeri Wonodri siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa diperoleh data/informasi hasil tes untuk pembelajaran lompat jauh belum mencapai hasil yang memuaskan. Dari hasil tes lompat jauh yang sudah dilaksanakan pada siswa kelas V SD Wonodri yang mendapatkan nilai sesuai standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hanya 11 orang (42,3%) dan siswa yang belum tuntus sebanyak 15 siswa atau 57,7%. Penggunaan media atau alat bantu untuk pencapaian proses pembelajaran jarang dilakukan, padahal penggunaan media pembelajaran akan mendukung dalam pembelajaran Penjasorkes. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil pembelajaran lompat jauh gaya jongkok menggunakan kids athletics pada siswa kelas V SD Wonodri Semarang yang berjumlah 26 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dengan kids athletics pada siswa kelas V SD Negeri Wonodri Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian pre-test dan post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Wonodri yang berjumlah 26 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu lompat simpai dengan rintangan kardus (K1) dan loncat katak (K2), serta variabel terikat yaitu kemampuan lompat jauh gaya jongkok. Instrument penelitian tes lompat jauh gaya jongkok, dan analisa data menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t-hitung K1 6,4175 > t-tabel 2,179 dan K2 5,1744 > t-tabel 2,179 pada taraf signifikansi 5% dengan db 12 berarti ada perbedaan pengaruh antara latihan loncat katak dan lompat simpai dengan rintangan kardus terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SD Wonodri Kecamatan Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Dari perhitungan mean, menunjukkan bahwa peningkatan mean kelompok eksperimen 2 lebih besar dari peningkatan mean kelompok 1 (31,16 > 27,31). Dengan demikian, latihan lompat simpai dengan rintangan kardus mempunyai pengaruh yang lebih baik terhadap peningkatan kemampuan lompat jauh. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru-guru Penjas di SD dalam upaya meningkatkan hasil lompat jauh siswa dapat menggunakan pembelajaran dengan pendekatan bermain loncat katak atau lompat simpai dengan rintangan kardus. Namun, untuk memperoleh hasil lompatan yang lebih berpengaruh sebaiknya menggunakan pembelajaran lompai simpai dengan rintangan kardus.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 03:16 |
Last Modified: | 09 Nov 2016 03:16 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/665 |
Actions (login required)
View Item |