Wahid Hasyim University | Digital Repository

PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN RESEP RACIKAN DI INSTALASI FARMASI PUSKESMAS BERSERTIFIKASI ISO DAN PUSKESMAS NON ISO KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL

Hilda Tania Mursela, Hilda (2015) PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN RESEP RACIKAN DI INSTALASI FARMASI PUSKESMAS BERSERTIFIKASI ISO DAN PUSKESMAS NON ISO KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
INTISARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)

Abstract

Salah satu tantangan dalam pelayanan kesehatan di puskesmas adalah terpenuhinya harapan masyarakat akan kualitas pelayanan farmasi. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan resep racikan di instalasi farmasi puskesmas bersertifikasi ISO dan puskesmas non ISO di kota semarang menggunakan metode SERVQUEL. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan rancangan cross sectional. Penelitian dilakukan pada tiga puskesmas bersertifikasi ISO 9001:2008 (Puskesmas Bangetayu, Halmahera dan Kedungmundu) dan tiga puskesmas non ISO 9001:2008 (Puskesmas Bandarharjo, Gayamsari dan Tlogosari Wetan). Responden adalah pasien rawat jalan yang mengambil obat resep racikan dan memenuhi kriteria inklusi. Responden dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner untuk menilai tingkat kepuasan pasien berdasarkan aspek Tangibles, Reliability,Responsiveness, Assurance dan Emphaty.Data dianalisis dengan Customer Satisfaction Index (CSI) dan diuji dengan Uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien di puskesmas ISO dan puskesmas non ISO di kota semarang adalah berada dalam tingkatan yang sama, yaitu “Sangat Puas”. Nilai CSI untuk semua atribut adalah masing-masing sebesar 92% dan 83%. Walaupun demikian, terdapat perbedaan yang bermakna pada nilai CSI pasien rawat jalan di puskesmas bersertifikasi ISO dan puskesmas non ISO (p < 0,05). Kata kunci : Tingkat Kepuasan Pasien, Puskesmas, ISO 9001:2008, Servqual, CSI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Program Studi Farmasi
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 07 Nov 2016 07:07
Last Modified: 07 Nov 2016 07:07
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/649

Actions (login required)

View Item View Item