Wahid Hasyim University | Digital Repository

ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK,VARIETY SEEKINGDAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN BRAND SWITCHING PADA SMARTPHONE BLACKBERRY KE ANDROID ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Pondok Pesantren Luhur Wahid Hasyim Semarang)

DHALIA SOFA, DHALIA (2016) ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK,VARIETY SEEKINGDAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN BRAND SWITCHING PADA SMARTPHONE BLACKBERRY KE ANDROID ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Pondok Pesantren Luhur Wahid Hasyim Semarang). Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
coverr.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pangsa pasar smartphone blackberry yang eksistensinya mulai menurun dan tergantikan oleh pangsa pasarsmartphone android yang semakin meningkat. Fenomena turunnya pangsa pasar blackberry ditandai dengan adanya peralihan merek dari smartphone blackberry ke android. Perpindahan merek ini juga terjadi pada lingkungan mahasiswa di pondok pesantren luhur wahid hasyim semarang. Adapun yang jadi masalah penelitian ini adalah “ Apakah faktor atribut produk,variety seeking dan harga berpengaruh terhadap brand switchingdari smartphone blackberry ke smartphone android di Pondok Pesantren Luhur Wahid Hasyim Semarang ?”. Tujuan pnelitian ini untuk menganalisis pengaruh masing-masing variabel, Atribut Produk (X1), variety seeking (X2), Harga (X3) terhadap brand switching ( Y ). Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 responden yang pernah menggunakan smartphone blackberry dan beralih ke samrtphone android dengan menggunakan metode non propability sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut : Y= 9,627 + 0,212X1+ 0,137X2 + 0,558 X3 + ε Hasil analisis mendapatkan bahwa ketiga faktor, atribut produk, variety seeking dan harga memilikipengaruhpositifdansignifikanterhadapbrand switching.Variabel yang paling berpengaruhdalampenelitianiniadalahHarga. Oleh kerena itu, Perusahaan harus melakukan penetapan harga yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, dimana harga yang ditetapkan dapat dijangkau oleh konsumen, dan harga tersebut sesuai manfaat yang diberikan smartphone. Selain itu, strategi blackberry untuk menarik konsumen bisa dengan memberi promo dan potongan harga yang menarik. Kata Kunci : Atribut Produk, Variety Seeking , Harga, Dan Brand Switching

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntassi
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 24 Oct 2016 02:43
Last Modified: 26 Oct 2016 04:23
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/611

Actions (login required)

View Item View Item