Saefudin Zuhri, Saefudin (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIHMATERI MANDI WAJIB KELAS VIMELALUI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA MI MANGUNHARJO TEMBALANG KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
Abstract
Pembelajaran Fiqih di Madrasah biasanya lebih menekankan pada metode ceramah, menghafal dan cenderung berpusat pada guru sehingga pembelajaran kurang efektif, berdasarkan observasi awal di MI Mangunharjo Tembalang Semarang, menunjukkan bahwa prestasi belajar dan aktifitas belajar siswa masih rendah. Hal ini salah satunya disebabkan oleh model dan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru yang kurang variatif. Penelitian ini mencoba menerapakan model pembelajaran dengan menggunakan metode Cooperative Learning.Alasan pemilihan metode ini karena diperkirakan akan mampu mengatasi permasalahan diatas, sekaligus meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa, metode ini memungkinkan siswa untuk belajar kelompok dan memanfaatkan potensi intraksi dan kerjasama antara kelompok. Ketika proses pembelajaran berlangsung siswa dapat diskusi dan saling membantu memahami materi. Dari sini diharapkan prestasi dan aktivitas belajar dapat meningkat menjadi lebih baik dibanding sebelumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dirancang 2 siklus dengan 3 kali pertemuan.Subyek penelitian ini adalah kelas VI yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai Nopember 2015. Setelah melakukan aplikasi model, observasi, evaluasi hasil, dan refleksi pembelajaran sebanyak 2 kali siklus, diperoleh data bahwa peningkatan belajar dengan menggunakan metode Cooperative Learningdapat meningkatkan prestasi dan aktivitas pembelajaran pada mata pelajaran Fiqih. Hal ini terlihat dari peningkatan presentasi ketuntasan hasil belajar siswa dari pos tes pra siklus I dan II yaitu dari44% menjadi 76% dari pos tes siklus I ke siklus II yaitu dari 71.5% menjadi 76%. Penerapan metode Collaborative Learningjuga dapat meningkan keaktivas belajar siswa yang selalu meningkat, hal ini dapat dilihat dari peningkatan prosentase dari setiap siklusnya yaitu dari pra siklus I ke siklus I yaitu sebesar 45% menjadi 62% dan dari siklus I ke siklus IIyaitu sebesar 60% menjadi 76%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 06:27 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 06:27 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/523 |
Actions (login required)
View Item |