Erni Sugiyanti, Erni (2016) IMPLEMENTASI MODEL SMALL GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERPUJI PADA PESERTA DIDIK KELAS II MI DARUL ULUM PEDURUNGAN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang efektif belum terjadi pada proses pembelajaran aqidah Ahklak di kelas II MI Darul Ulum Pedurungan Semarang di mana masih banyak dipengaruhi oleh cara-cara tradisional, yaitu guru menyampaikan pelajaran, peserta didik mendengarkan atau mencatat dengan sistem evaluasi yang mengutamakan pengukuran kemampuan menjawab pertanyaan hafalan atau kemampuan verbal lainnya. Jika dilihat dari ketuntasan belajarnya dengan nilai 70 hanya berkisar pada 40-50 % dari jumlah peserta didik di kelas II MI Darul Ulum Pedurungan Semarang. Proses pembelajaran aqidah akhlak, salah satunya yang bisa dilakukan adalah menerapkan model small group discussion (diskusi kelompok kecil). Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka perumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan model small group discussion pada pembelajaran aqidah akhlak materi akhlak terpuji di kelas II MI Darul Ulum Pedurungan Semarang Semester Gasal Tahun Pelajaran 2015/2016? 2) Apakah model small group discussion dapat meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak materi akhlak terpuji di kelas II MI Darul Ulum Pedurungan Semarang Semester Gasal Tahun Pelajaran 2015/2016? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus. Kajian ini menunjukkan bahwa: Model small group discussion dapat meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak materi akhlak terpuji di kelas II MI Darul Ulum Pedurungan Semarang Semester Gasal Tahun Pelajaran 2015/2016, hal ini bisa dilihat dari pra siklus ada 13 atau hanya 54%, pada siklus I ada 16 siswa atau 67% dan pada siklus II ada 20 siswa atau 84%. Peningkatan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa. hal ini bisa dilihat dari pada siklus I ada 17 siswa atau 71% mengalami kenaikan pada siklus II yaitu ada 22 siswa atau 88%. Hasil keaktifan ini melampaui indikator yang ditentukan yaitu 80%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 03:41 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 03:41 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/503 |
Actions (login required)
View Item |