Wahid Hasyim University | Digital Repository

Implikasi Hidden Curriculum dalam membentuk Karakter Religius di Sekolah Dasar Kota Semarang (SD Islam Al Madina dan SD Nasima)

Mutanawwiatul, Khoiroh (2023) Implikasi Hidden Curriculum dalam membentuk Karakter Religius di Sekolah Dasar Kota Semarang (SD Islam Al Madina dan SD Nasima). Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
Mutanawwiatul Khoiroh-21200011006-S2PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Sejauh ini, perhatian terhadap kurikulum formal bagi para praktisi pendidikan menjadi hal utama yang terus diperdebatkan. Perdebatan yang terjadi, bertumpu pada sejauh mana efektifitas dari kurikulum yang secara continue mengalami perubahan. Perhatian terhadap kurikulum formal sebagai basis utama dalam pembentukan karakter anak didik menyita perhatian berbagai kalangan hingga praktisi pendidikan. Padahal, ada hal urgen lain yang menjadikan penunjang tidak kalah penting. Penunjang tersebut terangkum dalam hidden curriculum. Pada titik inilah peneliti akan mengarahkan penelusuran pada praktek daripada hidden curriculum sebagai penunjang yang tidak kalah penting di samping adanya kurikulum formal. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data penelitian mengambil praktek hidden curriculum yang diterapkan pada Lembaga Pendidikan di Semarang. Hasilnya bahwa praktek hidden curriculum menjadi pertimbangan penting dua lembaga pendidikan tersebut dalam pembentukan karakter religius. Perbedaan praktek dan perencanaan di kedua sekolah tersebut, dapat dipahami sebagai pendekatan yang berbeda berdasarkan kebutuhan peserta didik. Selain itu perbedaan visi dan misi sekolah menjadi titik tolak orientasi yang ingin diwujudkan. Sedangkan implikasi yang dihasilkan mendorong peserta didik untuk mempunyai perhatian terhadap aspek sosial, mengajarkan rasa syukur, memiliki pribadi yang disiplin dan nilai-nilai umum lain dari representasi karakter religius.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 30 Oct 2024 03:00
Last Modified: 30 Oct 2024 03:01
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4182

Actions (login required)

View Item View Item