Yuni Takamala, Yuni (2016) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Pasien Puskesmas Paninggaran Pekalongan Tahun 2015). Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
1. COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
|
Text
2. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dimensi dalam kualitas pelayanan yaitu bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty) berpengaruh terhadap kepuasan pasien Puskesmas Paninggaran Pekalongan dan menganalisis faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan pasien Puskesmas Paninggaran Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini adalah para pasien Puskesmas Paninggaran Pekalongan. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode Accidental Sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa yang kebetulan bertemu dnegan peneliti dapat dijadikan sampel jika dipandang cocok. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi setelah uji validitas dan reliabilitas sebagai berikut: Y = 1,367 + 0,458 X1 + 0,652 X2 + 0,431 X3 + 0,729 X4 + 0,534 X5. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel.Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal. Urutan secara individu dari masing-masing variabel yang paling berpengaruh adalah variabel jaminan (assurance) dengan koefisien regresi sebesar 0,729, lalu kehandalan (reliability) dengan koefisien regresi sebesar 0,652, kemudian diikuti dengan empati (emphaty) dengan koefisien regresi 0,534, dan bukti fisik (tangible) dengan koefisien regresi 0,458 sedangkan variabel yang berpengaruh paling rendah adalah daya tanggap (responsiveness) dengan koefisien regresi sebesar 0,431. Puskesmas Paninggaran Pekalongan perlu mempertahankan elemen-elemen yang sudah baik oleh pelanggan serta perlu memperbaiki hal-hal yang masih kurang. Kata-kata kunci : kualitas pelayanan, bukti fisik (tangible), kehandalan (responsiveness), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty), kepuasan konsumen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 01 Oct 2016 04:53 |
Last Modified: | 01 Oct 2016 04:53 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/412 |
Actions (login required)
View Item |