Neli, Mu'minatin and Sari, Hernawati (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADITS KELAS X SEMESTER GANJIL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PEKALONGAN. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.
|
Text
Neli Mu'minatin_18200011137_Pascasarjana_PAI_21.pdf Download (20MB) | Preview |
Abstract
Mengahadapi revolui industri 4.0 madrasah harus dapat menyiapkan kompetensi peserta didik di era milenial untuk dapat melaksanakan pembelajaran abad 21 yakni memiliki kemampuan 4 C (critical thinking, creativity, communication and collaboration). Oleh karena itu, guru madrasah dituntut untuk bisa membuat media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik, sehingga hasil belajarnya bisa sesuai yang diharapkan. Salah satu media pembelajaran yang dapat dibuat oleh guru dan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah media pembelajaran yang berbentuk aplikasi. Pada dasarnya aplikasi ini merupakan microsoft power point yang sangat lazim digunakan oleh guru, yang kemudian menggunakan ispring suite 9 dan androidsite 2 Apk Audacity, sehingga bisa menghasilkan media yang dapat mengkolaborasikan antara teks, gambar, suara dan video ke dalam aplikasi yang dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pekalongan karena kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di madrasah tesebut khususnya mata pelajaran al-Qur'an Hadits Kelas X sebagian masih menggunakan cara tradisional dan sebagian lagi telah menggunakan media namun terbatas pada microsoft power point sehingga masih terkesan kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pekalongan karena kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di madrasah tesebut khususnya mata pelajaran al-Qur'an Hadits Kelas X sebagian masih menggunakan cara tradisional dan sebagian lagi telah menggunakan media namun terbatas pada microsoft power point sehingga masih terkesan kurang efektif. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan Addie. Sampel yang diambil adalah siswa kelas X Jurusan IPA dan IPS Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pekalongan. Data yang digunakan adalah nilai hasil pre test dan post test kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android yang digunakan memiliki tingkat keefektifan atau keberhasilan yan tinggi. Peningkatan minat dan motivasi yang tinggi menjadikan hasil belajar siswa yang tinggi pula, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil ulangan siswa meningkat 88 % dari 45,67 menjadi 86.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 27 Jan 2024 05:12 |
Last Modified: | 27 Jan 2024 05:12 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4069 |
Actions (login required)
View Item |