Muhammad, Asy'ari and Nur, Cholid (2020) SUPERVISI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PROSES PEMBELAJARAN GURU PAI PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN BREBES. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.
|
Text
Muhammad Asy'ari_18200011028_Magister_PAI.pdf Download (23MB) | Preview |
Abstract
Guru merupakan ujung tombak yang berperan sebagai pendidik dan pengajar dalam kegiatan belajar mengajar di dalam atau di luar kelas melalui interaksi dalam proses pembelajaran dengan siswa. Sebagai pengajar mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk design implementasi supervisi pembelajaran guru PAI? (2) Bagaimana implementasi supervisi pembelajaran guru PAI ? (3) Bagaimana implementasi supervisi pembelajaran dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran PAI?. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data seperti wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Data dan informasi yang diperoleh dari lapangan diolah dan disimpulkan dengan teknik triangulasi terlebih dahulu. Penelitian ini menunjukan hasil yaitu: (1) Guru PAI SMP Ma'arif NU Paguyangan melaksanakan proses pembelajaran sejak merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan menilai pembelajaran. Proses pembelajaran sesuai dengan standar yang telah ditetapkan pemerintah yakni Standar Proses dan standar Penilaian(2) Mutu proses pembelajaran guru PAI SMP Ma'arif NU Paguyangan dapat diketahui dari kinerjanya dalam melaksankan kegiatan belajar mengajar. Terjadi peningkatan mutu pada kegiatan merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan menilai pembelajaran yang sudah sesuai dengan Standar Proses dan standar Penilaian (3) Implikasi pada perencanaan pembelajaran yakni guru mampu dan terampil dalam mengembangkan silabus dan menyusun RPP yang lengkap dan sistematis. pada pelaksanaan pembelajaran yakni guru mampu dan terampil dalam menggunakan berbagai metode dan model pembelajaran yang mendukung pendekatan saintifik. Adapun implikasi pada penilaian pembelajaran, yakni guru mampu dan terampil dalam menggunakan berbagai jenis dan teknik penilaian, baik pada penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Guru mampu dan terampil dalam menyusun instrumen penilaian, rubrik penilaian, penskoran, dan pedoman penilaian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 27 Jan 2024 05:02 |
Last Modified: | 27 Jan 2024 05:02 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4067 |
Actions (login required)
View Item |