Endah, Setyowati and Nanang, Nurcholis (2021) PERAN MAJELIS SHOLAWAT WAHIDIYYAH SEBAGAI INSTRUMEN PEMBANGUNAN PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI DI PONDOK PESANTREN KEDUNGLO КОТА KEDIRI). Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.
|
Text
Endah Setyowati_A1710047_Magister_PAI.pdf Download (22MB) | Preview |
Abstract
Sholawat merupakan amalan dzikir yang diucapkan oleh setiap individu muslim, yakni tidak lepas dari upaya pemahaman dan pengamalan asketisme (zuhd) yang berkembang sejak zaman atau abad pertama Hijriah, bahwa amalan tersebut benar-benar berdasarkan ajaran Islam yang bersumber dari al-Qur'an, al- Sunnah, maupun praksis kehidupan Nabî. Salah satu keunggulan Pondok Pesantren Kedunglo adalah akhlak.Di Pondok Peantren Kedunglo,pembinaan akhlak menyatu dalam kurikulum sekolah dan pesantren. Sehingga alumni Pondok Pesantren Kedungloansya Allah memiliki akhlak yang mulia. Sedangkan bekal akhlak ini adalah bekal yang paling berharga dalam mengarungi kehidupan setelah bekal iman dan islam. Dalam segala lini kehidupan santri di Pondok pesantren Kedunglo membawa serta akhlak dan karakter dari sholawat Wahidiyah.Amalan sholawat wahidiyah telah menjadi pembangun pendidikan Karakter di pondok pesantren Kedunglo. Dalam segala hal semua akhlak sudah menyeluruh dari amalan sholawat Wahidiyah sebagai amalan wajib dan menjadi ciri khas di Pondok pesantren Kedunglo. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif-deskriptif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode: wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data diuji dengan triangulasi data untuk menguji keabsahan data yang diperoleh. Data yang diperoleh direduksi dan dianalisa untuk mendapatkan kesimpulan yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Konsep Pendidikan Karakter menurut Sholawat Wahidiyah. Sholawat Wahidiyah menjadi ciri khas Pondok Pesantren Kedunglo dalam membentuk karakter para santrinya. Karena dalam pengamalan Sholawat Wahidiyah bukan hanya teks namun disertai dengan ajaran dan adab-adab cara pengamalannya. Kedua Implementasi Sholawat Wahidiyah dalam membangun Pendidikan Karakter adanya pengamalan Mujahadah Sholawat Wahidiyah dalam mengembangkan nilai-nilai Pendidikan karakter yang menjadi tradisi Pondok Pesantren Kedunglo sebelum memulai kegiatan. Dalam pelaksanaam mujahadah ini menghendaki agar santri benar- benar dididik untuk mengembangkan kepribadiannya secara totalitas meliputi pendidikan akhlak, moral melalui pelatihan dan pembiasaan sebagai pengembangan juga terhadap aspek intelektualemosional serta sikap sosial menjadi rutinitas pengamalan Sholawat Wahidiyah yang dapat berpengaruh dan mempengaruhi akhlak dan karakter siswa. Ketiga Kontribusi Sholawat Wahidiyah sebagai instrumen pembangunan Karakter di Pondok Pesantren Kedunglo Kota Kediri adalah untuk menjernihkan hati dan memberi kesadaran hati untuk kembali ke jalan Allah SWT melalui bacaan Sholawat Wahidiyah, hati setiap makhluk akan merasa dibimbing untuk hal mendekatkan diri kepada Allah SWT, memperbaiki hidupnya dengan melaksanakan ibadah wajib yang perintahNya. Ini dapat dilihat dari para Santri yang tergerak hatinya untuk beribadah kepada Allah SWT.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 27 Jan 2024 04:28 |
Last Modified: | 27 Jan 2024 04:28 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4058 |
Actions (login required)
View Item |