Baeti, Rahmawati and Sari, Hernawati (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM BUDAYA SEKOLAH ISLAMI NURUSSHIBYAN (BISYA) DALAM PENINGKATAN AKHLAK KARIMAH SISWA DI SMP NURUSSHIBYAN PAGUYANGAN BREBES. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.
|
Text
Baewi Rahmawati_ 18200011179_ Pascasarjana.pdf Download (38MB) | Preview |
Abstract
Semakin menurunnya akhlak remaja/pelajar dilingkungan masyarakat dan di sekolah khususnya, maka perlu adanya penanaman kembali nilai-nilai ke Islaman sebagai pembentukan budaya sekolah Islami terhadap warga sekolah baik secara fisik maupun dalam kegiatan-kegiatan bertemakan Islami sebagai upaya meningkatkan akhlak karimah siswa. Penelitian ini dilaksankan di SMP Nurusshibyan Paguyangan yang bertujuan untuk mengetahui Implementasi Program Budaya Sekolah Islami Nurusshibyan (BISYA) dalam Peningkatan akhlak siswa di SMP Nurusshibyan Paguyangan Brebes. Permasalahan penelitian ini adalah latar belakang diterapkannya program Budaya Sekolah Islami Nurusshibyan (BISYA), implementasi program Budaya Sekolah Islami Nurusshibyan (BISYA) dan implikasi program Budaya Sekolah Islami Nurusshibyan (BISYA) dalam peningkatan akhlak karimah siswa di SMP Nurusshibyan Paguyangan? Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Nurusshibyan Paguyangan Brebes, dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswaTeknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Uji keabsahan menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data, penyajian data dan pengambilan simpulan. Sedangkan analisis implementasi program budaya sekolah islami meggunakan metode yang digunakan dalam pendidikan akhlak Imam Al Ghazali. Hasil penelitian menunjukan SMP Nurusshibyan memilki Program Budaya Islami Nurusshibyan (BISYA)latar belakang penerapan program BISYA dikarenakan semakin menurunnya akhlak dan pengetahuan keislaman siswa. SMP Nurusshibyan Paguyangan, mengimplementasikan program Budaya Sekolah Islami Nuruushibyan (BISYA) melalui penanaman nilai-nilai islami yang dilakukan dengan metode Mujahadah, riyadhoh, keteladanan, pembiasaan serta metode ganjaran dan hukuman. Metode ini sangat efektif dalam keberhasilan pelaksanaan program BISYA yang diwujudkan dalam dua komponen kegiatan, pertama pada bidang akademik yakni program: 1)literasi baca tulis, 2)mewujudkan budaya belajar islami dan 3)penghargaan terhadap ilmu pengetahuan. Kedua, bidang penguatan pendidikan karakter religiusitas yakni program; 1)Budaya 7S (Senyum,salam, sapa, salim sopan, santun, simpatik),2) pembiasaan pagi (sholat duha,sholawatan dan membaca Al quran), 3) sholat dhuhur bagi dan sholat ashar berjama'ah bagi siswa kelas fullday dan ekdtrakurikuer, 4)bebas buta huruf al-Qur'an (BabahQu), 5)kelas fullday takhfidzul Qur'an, 6) tabaratku (tabungan akhiratku), 7)majlis dzikro Nurusshibyan bagi orang tua/wali siswa dan 8) peduli lingkungan. Implementasi program BISYA ini menjadi sangat penting bagi sekolah dalam upayanya untuk melahirkan generasi khoirunnas an fa uhum linnas. Implikasi program BISYA,memberikan dampak positif yakni meningkatnya akhlak karimah siswa, meningkatnya kepercayaan masyarakat dengan bertambahnya jumlah siswa SMP Nurusshibyan Paguyangan. terciptanya efektifitas waktu selama kegiatan belajar mengajar di sekolah, serta meningkatnya kepedulian kepada masyarakat
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 27 Jan 2024 04:26 |
Last Modified: | 27 Jan 2024 04:26 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4057 |
Actions (login required)
View Item |