Wahid Hasyim University | Digital Repository

STUDI PEMIKIRAN KΗ. ΜΑΙΜΟEN ZUBAIR TENTANG PENDIDIKAN AKHLAK

Alaik, Saadah and Tedi, Kholiluddin (2021) STUDI PEMIKIRAN KΗ. ΜΑΙΜΟEN ZUBAIR TENTANG PENDIDIKAN AKHLAK. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Alaik Saadah_18200011109_Magister_PAI.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Pendidikan akhlak saat ini menjadi sangat penting diterapkan di masyarakat. Hal ini disebabkan adanya degradasi moral yang kerap terjadi di tanah air. Penelitian ini dianggap penting mengingat problem etika yang dihadapi masyarakat modern sangat serius. KH. Maimoen Zubair adalah Ulama Indonesia yang pemikiran, sikap, dan perilakunya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap umat Islam di Indonesia. Pada kesempatan ini penulis membahas tentang (1) Pemikiran pendidikan akhlak KH. Maimoen Zubair, (2) Bagaimana relevansi pendidikan akhlak KH. Maimoen Zubair dalam konteks pendidikan di era 4.0? Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), pendekatan penelitian yang dipakai adalah metode content analysis (analisis isi). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data seperti pengolahan data, pengorganisasian data, wawancara dan penemuan hasil. Sedangkan metode pembaharuannya menggunakan metode deduksi, metode induksi, dan metode deskriptif. Sedangkan untuk mengungkap pemikiran KH. Maimoen Zubair digunakan teori sosiologi pengetahuan sebagai dasar untuk dapat menganalisis bagaimana proses pemikiran mbah Moen tersebut muncul serta hal-hal yang mendukungnya seperti kondisi sosial, budaya, politik dan kenyataan sosial historisnya. penelitian ini menghasilkan sejumlah temuan yaitu salah satu tujuan pendidikan menurut KH. Maimoen Zubair adalah untuk menjadikan peserta didik mempunyai akhlak mulia. yakni adanya perubahan perilaku peserta didik kearah yang lebih baik. Tujuan pendidikan ini sekaligus merupakan bentuk kongkret dari tujuan pendidikan yang paling utama, yaitu Iman dan Taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Adapun relevansi pendidikan akhlak KH. Maimoen Zubair dengan pendidikan di era 4.0 berujung pada kesimpulan bahwa konsep yang diusung KH. Maimoen Zubair itu relevan, pendidikan akhlak yang diusung oleh mbah Moen akan mampu membawa pendidikan di era 4.0 sebagai upaya untuk memperbaiki aspek-aspek yang ada didunia pendidikan agar lebih efektif dan efisien sesuai dengan tuntutan kehidupan dimasa yang akan datang. Pendidikan di era 4.0 mencakup hal-hal yang berhubungan dengan komponen sistem pendidikan baik dalam arti sistem sekolah maupun sistem dalam arti luas misalnya sistem pendidikan nasional. Maka dari itu, dengan pendidikan akhlak yang diusung oleh KH. Maimoen Zubair akan mampu membawa pendidikan di era 4.0 menuju pendidikan yang berorientasi pada aspek afektif dan tidak meninggalkan aspek kognitif serta mendampinginya dengan aspek spiritualitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Jan 2024 04:23
Last Modified: 27 Jan 2024 04:23
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4056

Actions (login required)

View Item View Item