Wahid Hasyim University | Digital Repository

INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN MELALUI PEMBELAJARAN KITAB SAFINATUN NAJAH UNTUK MEMBENTUK SIKAP DAN PERILAKU BERIBADAH SISWA MTS AS SYAMSURIYYAH JAGALEMPENI

Warfuah, Warfuah and Tedi, Kholiludin (2020) INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN MELALUI PEMBELAJARAN KITAB SAFINATUN NAJAH UNTUK MEMBENTUK SIKAP DAN PERILAKU BERIBADAH SISWA MTS AS SYAMSURIYYAH JAGALEMPENI. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Warfuah_18200011124_Pascasarjana.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Madrasah merupakan satu lembaga formal yang kental sekali akan nilai- nilai keislaman dan identik dengan hal keagamaan. Tugas dari setiap lembaga pendidikan yaitu memberikan pelajaran, pengarahan terhadap peserta didik dan menghasilkan generasi muda yang berkarakter, memiliki akhlak yang baik. perilaku yang mulia, serta memiliki kecerdasan yang luar biasa. Namun hal ini sedikit mengalami penurunan karena beberapa faktor yang mempengaruhi. Dan untuk dapat mangatasi permasalahan ini, Madrasah Tsanawiyah As-Syamsuriyyah Jagalempeni memanfaatkan pembelajaran agama Islam dengan kitab Safinatun Najah dalam rangka penanaman nilai-nilai keislaman sehingga terbentuk sikap dan perilaku beribadah siswa yang baik. Permasalahan penelitian adalah internalisasi nilai-nilai keislaman di MTs As-Syamsuriyyah Jagalempeni. Pembelajaran. Kitab Safinatun Najah sebagai upaya menginternalisasikan nilai-nilai keislaman pada siswa MTs As- Syamsuriyyah Jagalempeni. Kemudian, pembentukan sikap dan perilaku beribadah siswa MTs As-Syamsuriyyah Jagalempeni sebagai hasil yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptifSumber data dalam penelitian antara lain Kepala Madrasah, waka bidang kurikulum, waka BK. guru dan peserta didik MTs As-Syamsuriyyah JagalempeniTehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasiTehnik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa Proses dan tahapan internalisasi nilai- nilai keislaman di Madrasah Tsanawiyah As-Syamsuriyyah diupayakan dengan Metode keteladanan, pembiasaan, nasehatdan perhatian atau pengawasan Pembelajaran kitab Safinatun Najah yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah As-Syamsuriyyah Jagalempeni menggunakan metode wetonan/bandungan. Sikap dan perilaku beribadah siswa yang terbentuk di Madrasah Tsanawiyah As- Syamsuriyyah Jagalempeni, antara lain: a) Siswa memiliki sikap rendah hati dan tidak sombong, b) disiplin dan bertanggungjawab, c) jujur dan ikhlas serta pantang berbohong, d) senan tiasa membersihkan diri, e) membaca Basmalah dan berdoa setiap mengawali kegiatan positif dan mengahirinya dengan Hamdalah, f) melaksanakan sholat fardu, g) melaksanakan ibadah puasa dan zakatTerdapat faktor-faktor yang mendukung serta menghambat proses internalisasi nilai-nilai keislaman melalui pembelajaran kitab Safinatun Najah untuk membentuk sikap dan perilaku beribadah siswa MTs As-Syamsuriyyah Jagalempeni, antara lain: Faktor intern yaitu dari dalam diri siswa, dan Faktor extern yaitu dari guru, keluarga, lingkungan, dan media informasi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Jan 2024 03:52
Last Modified: 27 Jan 2024 03:52
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4047

Actions (login required)

View Item View Item