Sri, Sukmini and Muh., Syaifuddin (2020) RELEVANSI KONSEP AL-QALB DALAM AL-QUR'AN DENGAN PENDIDIKAN AKHLAK. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.
|
Text
Sri Sukmini_18200011151_Magister Pendidikan_PAI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: al-qalbu, pendidikan akhlak, al-Qur’an. Hati (qalb) merupakan salah satu sarana paling agung yang telah diberikan Allah swt kepada manusia untuk dapat memahami ayat-ayat-Nya baik yang tertera dalam firman-Nya maupun yang terhampar di alam semesta ini. Akhlak yang baik akan timbul dari hati yang sehat dan sebaliknya hati yang sakit akan menghasilkan akhlak yang tercela. Agar qalb selalu condong pada akhlak yang mulia, maka qalb harus dididik melalui pendidikan akhlak. Permasalahan penelitian ini adalah; 1) Bagaimana konsep al-Qur'an tentang al-qalb ? 2) Bagaimana relevansi konsep al-Qur'an tentang al-qalb dengan pendidikan akhlak ? Metode pengumpulan data menggunakan metode tematik atau maudhu'i dengan tehnik analisis maudhu’i, semantik dan deskriptif. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode tematik yaitu mengumpulkan ayat-ayat al-Qur'an yang bertema al-qalb, dari data yang terkumpul, untuk mengetahui bagaimana konsep al-Qur'an tentang qalb, penulis menggunakan analisis maudhu'i dan semantik dan terakhir untuk menganalis konsep al-Qur'an tentang qalb dan relevansinya dengan penndidikan akhlak, penulis menggunakan analisis deskriptif yaitu dengan menggambarkan dan menguraikan bagaimana relevansi qalb yang telah dijelaskan oleh beberapa ayat al-Qur'an dengan pendidikan akhlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Qalb dalam al-Qur'an adalah merupakan dimensi ruhani manusia yang memiliki fungsi kognisi, emosi dan spiritual. Di samping itu secara umum dalam al-Qur'an dijelaskan karakteristik qalb dibagi menjadi 3 bagian yaitu; qalbun salim, qalbun maradh dan qalbun mayyit. Fungsi dan karakteristik tersebut merupakan sumber dari akhlak (perilaku baik dan buruk) dan sentral aktifitas perbuatan manusia. 2) Relevansi konsep al-Qur'an tentang qalb dengan pendidikan akhlak adalah bahwa qalb merupakan obyek dari pendidikan akhlak, karena itu pendidikan akhlak membimbing dan melatih qalb supaya berakhlak mulia dan memiliki kebiasaan yang terpuji. Tujuan pendidikan akhlak dalam mendidik qalb antara lain; membentuk hati yang beriman, menjadikan hati selalu bertakwa, mengembangkan potensi qalb, membersihkan hati dari sifat-sifat tercela, menyadarkan hati dari kesalahan dan membentuk qalbun salim. Untuk mencapai tujuan tersebut materi pendidikan akhlak yang diberikan dalam mendidik qalb peserta didik yaitu: akhlak kepada Allah, akhlak kepada Rasul, akhlak kepada diri sendiri dan akhlak kepada sesama makhluk Allah. Materi tersebut dapat disampaikan dengan menggunakan beberapa metode antara lain metode pembiasaan, nasehat, uswatun hasanah, targhib wa tarhib, mengambil pelajaran dan peringatan dan mujahadah dan riyadhah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 27 Jan 2024 02:59 |
Last Modified: | 27 Jan 2024 02:59 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4035 |
Actions (login required)
View Item |