Wahid Hasyim University | Digital Repository

KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH (Studi Kasus pada Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Blado Kabupaten Batang)

Sri, Murohati and Abdul, Wahib (2020) KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH (Studi Kasus pada Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Blado Kabupaten Batang). Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
SRI MUROHATI_A1720078_Pascasarjana_PAI_20.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci:Kompetensi,Guru Pendidikan Agama Islam ,Evaluasi Pembelajaran Pendidikan merupakan aspek penting dalam mewujudkan bangsa yang maju. Pendidikan memiliki fungsi mencerdaskan bangsa dan menciptakan generasi yang berkarakter dan bermartabat serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Terwujudnya keberhasilan pendidikan salah satunya dipengaruhi oleh adanya kompetensi guru. Setiap guru harus memiliki kompetensi dalam mengajar termasuk dalam kegiatan evaluasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan evaluasi pembelajaran pada Sekolah Dasar, kompetensi guru PAI dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran dan pengolahan evaluasi pembelajaran pada Sekolah Dasar di Kecamatan Blado Kabuaten Batang. Penelitia dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah dianalisis, hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam perencanaan evaluasi pembelajaran pada Sekolah Dasar di Kecamatan Blado Kabupaten Batang sudah baik dibuktikan dengan mempersiapkan rencana pembelajaran ,tujuan penilaian, metode yang digunakan dalam penilaian dan bentuk soal yang di susun sehingga dapat mengukur kemampuan anak secara tepat dan obyektif. Dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran siswa juga didedikasi untuk mengukur aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, adapun tes yang digunakan adalah tes tulis, lisan dan perbuatan. Adapun pasca evaluasi , para guru Pendidikan Agama Islam juga memberikan evaluasi setiap habis pokok bahasan pembelajaran dibuktikan dengan leger penilaian guru yang memerikan penilaian terhadap evaluasi yang diberikan kepada siswa dengan rentang waktu yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Jan 2024 02:57
Last Modified: 27 Jan 2024 02:57
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4034

Actions (login required)

View Item View Item