Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM INTEGRASI MATERI PAI PADA MAPEL IPS (Studi Kasus di MTs Sunan Kalijaga Siwuluh)

Sofuah, Sofuah and Sari, Hernawati (2020) PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM INTEGRASI MATERI PAI PADA MAPEL IPS (Studi Kasus di MTs Sunan Kalijaga Siwuluh). Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Sofuah_18200011077_Pasca Sarjana_PAI.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Madrasah Tsanawiyah merupakan lembaga pendidikan dalam mempersiapkan generasi yang berpribadi muslim, terutama generasi yang memiliki nilai-nilai religious, Pada MTs Sunan Kalijaga Siwuluh yang mayoritas masyarakatnya menengah kebawah, masih banyak anak-anak yang kurang mendapat Pendidikan Agama Islam yang dikarenakan sibuknya orang tua untuk memenuhi kebutuhan keluarganya dan kurang adanya kesadaran orang tua akan pentingnya Pendidikan Agama Islam. Yang mengakibatkan anak berprilaku kurang baik mereka tidak melaksanakan shalat lima waktu karena tidak dibiasakan oleh orang tuanya dalam kehidupan sehari-hari, tidak bisa membaca Al-qur'an, tidak menghargai guru dan orang tua, tidak mau menolong orang lain yang sedang kesusahan, tidak memiliki rasa peduli dengan teman, sering membolos, sering tidak hadir, bahkan tidak memiliki rasa cinta produksi hasil Indonesia, S Pada kesempatan ini Penulis bermaksud membahas tentang (1) Penanaman nilai-nilai religious pada siswa MTS Sunan Kalijaga Siwuluh. (2). Integrasi materi PAI pada mapel IPS(3) Nilai-nilai religious materi PAI pada mapel IPS yang diintegrasi. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research)yang dilakukan dengan menggunakan kualitatif. Dalam praktiknya, penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data ata seperti wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, dari lapangan yang sebelumnya diolah terlebih dahulu. Penelitian ini menunjukan hasil yaitu (1) Penanaman nilai-nilai religious di MTs Sunan Kalijaga Siwuluh, merupakan usaha guru Pendidikan Agama Islam melalui pokok-pokok ajaran Islam yaitu Akidah. Syariah/ Ibadah dan Akhlak. (2) Guru mapel IPS dalam rangka ikut serta menanamkan nilai-nilai religious melalui integrasi materi PAI pada Mapel IPS. Seperti mengintegrasi materi "Tolong menolong" yang ada pada materi PAI diintegrasi pada materi "Interaksi Sosial" pada mapel IPS. Dan materi "Sebab-sebab runtuhnya dinasti umayah" yang ada pada materi PAI diintegrasi pada materi "Perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan" (3) Nilai-nilai religious materi PAI pada mapel IPS adalah nilai yang berhubungan dengan Allah (habluminallah) seperti sabar, ikhlas, syukur, tawakal. Dan nilai-nilai yang berhubungan dengan manusia (Habluminnas) seperti sosialisme dan nasionalisme, nilai-nilai tersebut merupakan hasil penanaman nilai-nilai religious yang menjadikan siswa terbiasa melakukan sholat berjamaah dhuhur, tadarus al-Qur'an, membaca doa sebelum dan sesudah pelajaran membayar uang GAS, upacara bendera, berjabat tangan, mengucap salam dan masih banyak pembiasaan yang sudah terlaksana oleh madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Jan 2024 02:42
Last Modified: 27 Jan 2024 02:42
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4031

Actions (login required)

View Item View Item