Wahid Hasyim University | Digital Repository

PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI DAN TANGGUNGJAWAB SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR'AN DI SMA TAKHASUS PLUS AL MARDLIYAH KALIWUNGU SELATAN KENDAL

Romdon, Romdon and Sari, Hernawati (2020) PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI DAN TANGGUNGJAWAB SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR'AN DI SMA TAKHASUS PLUS AL MARDLIYAH KALIWUNGU SELATAN KENDAL. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Romdon_18200011053_Pasca Sarjana_PAI.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Tujuan Pendidikan Nasional diantaranya untuk mengembangkan potensi peserta didik yang mandiri dan bertanggungjawab. Karakter mandiri dan tanggung jawab perlu dikembangkan pada siswa mengingat siswa sebagai generasi muda calon pemimpin yang merupakan ujung tombak kemajuan bangsa. Dengan memiliki karakter mandiri dan tanggung jawab siswa diharapkan mampu menentukan pilihan, mengemban tugas dan kepercayaan, tidak bergantung pada orang lain dan bertanggung jawab atas pilihannya tapi kenyataannya saat ini masih banyak siswa karakternya rendah seperti kurang disiplin, mencontek saat ujian, perkelahian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Tahfidzul Qur'an di SMA Takhasus Plus Al Mardliyah, Proses pembentukan Karakter Mandiri dan tanggung jawab siswa melalui Pembelajaran Tahfidzul Qur'an, Desain pembentukan Karakter Mandiri dan tanggung jawab siswa melalui Pembelajaran Tahfidzul Qur'an, dampak Pembelajaran Tahfidzul Qur'an dalam pembentukan Karakter Mandiri dan tanggung jawab siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Dalam praktiknya, penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data seperti wawancara, observasi dan dokumentasi. Tenik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, dari lapangan yang sebelumnya diolah terlebih dahulu. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa 1) Proses pembelajaran tahfidzul Qur'an di SMA Takhasus Plus Al Mardliyah Kaliwungu Selatan melalui tiga tahapan. Tahapan pertama perencanaan dengan membuat perangkat pembelajaran, tahapan kedua pelaksanaan pembelajaran melalui kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutupTahapan ketiga evaluasi pembelajaran meliputi evaluasi harian, tengah semestes, semesteran, kelulusan. 2) proses pembentukan karakter mandiri dan tanggung jawab siswa dalam Pembelajaran Tahfidzul Qur'an dengan cara siswa di biasakan memimpin do'a dan tadarus, menghafalkan ayat secara mandiri, setoran hafalanmuroja'ah serta siswa mengikuti tes hafalan. 3) Desain pembentukan karakter mandiri dan tanggung jawab siswa dalam proses Pembelajaran Tahfidzul Qur'an adalah Mengintregasikan nilai-nilai karakter mandiri dan tanggung jawab siswa dalam penyusunan Silabus dan RPP, materi, metode dan Evaluasi pembelajaran.4)Pembelajaran Tahfidzul Qur'an memberikan konstribusi dalam membentuk karakter mandiri dan tanggung jawab siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Jan 2024 02:10
Last Modified: 27 Jan 2024 02:10
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4023

Actions (login required)

View Item View Item