Lina, Nofita and Nur, Cholid (2020) PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI SERTIFIKASI GURU DI MI NU MIFTAHUL FALAH PASURUHAN KIDUL JATI KUDUS. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.
|
Text
LINA NOFITA_18200011143_Pascasarjana_PAI.pdf Download (23MB) | Preview |
Abstract
Sertifikasi guru sebagai upaya peningkatan mutu guru yang disertai dengan peningkatan kesejahteraan guru, sehingga diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan di Indonesia secara berkelanjutan. Bentuk peningkatan kesejahteraan guru yaitu berupa pemberian tunjangan profesi sebesar satu kali gaji pokok kepada guru yang memiliki sertifikat pendidik. Permasalahan penelitian ini adalah; (1) Bagaimana kompetensi pedagogik Guru MI NU Miftahul Falah Pasuruhan Kidul Jati Kudus? (2) Bagaimana implikasi sertifikasi guru terhadap kompetensi pedagogik guru MI NU Miftahul Falah Pasuruhan Kidul Jati Kudus? (3) Bagaimana kendala dan solusi sertifikasi guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru MI NU Miftahul Falah Pasuruhan Kidul Jati Kudus? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan atau keajekan pengamatan, triangulasi dan perpanjangan. keikutsertaan peneliti. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis kualitatif yaitu reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kompetensi pedagogik Guru MI NU Miftahul Falah Pasuruhan Kidul Jati Kudus tergolong sudah baik hal tersebut dibuktikan dengan lima aspek, yaitu; pelaksanaan pembelajaran yang mendidik; penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran; pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran; melaksanakan evaluasi pembelajaran; dan memfasilitasi siswa dalam mengembangkan potensinya. (2) Implikasi sertifikasi guru terhadap kompetensi pedagogik guru Pasuruhan Kidul Jati Kudus antara lain; motivasi guru dalam mengajar meningkat, peningkatan profesionalitas guru lebih variatif dan kreatif, meningkatkan kesejahteraan dan kinerja guru. (3) Kendala sertifikasi guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru MI NU Miftahul Falah Pasuruhan Kidul Jati Kudus, antara lain: keterbatasan sarana prasarana, keatifan peserta didik yang masih kurang, kekurangan jam mengajar. Usaha-usaha yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang muncul, yaitu: perlunya komunikasi pihak guru dan kepala madrasah mengenai mata pelajaran yang diajarkan, penambahan ruang kelas atau daya tampung peserta didik, melengkapi sarana prasarana madrasah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 08:07 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 08:07 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4000 |
Actions (login required)
View Item |