Abdul, Muin and Soekardi, Soekardi (2020) IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER ROHIS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI SMK NEGERI 1 SEMARANG. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.
|
Text
Abdul Muin_18200011065_Magister_PAI.pdf Download (25MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Ekstrakurikuler Rohis, Pembentukan Karakter. Pendidikan di Indonesia saat ini mengalami merosotnya karakter karena adanya pelanggaran etika sosial dan susila serta kekerasan dalam berbagai bentuknya sering terjadi dalam dunia pendidikan. Kegiatan ekstrakurikuler Rohis merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh siswa. Kegiatan ekstrakurikuler Rohis ini merupakan realisasi dari proses belajar mengajar yang menuntut adanya keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar di luar jam pelajaran sekolah, mereka diharapkan dapat meraih prestasi belajar setinggi-tingginya serta membantu untuk mengembangkan wawasan siswa dalam bidang agama Islam. Permasalahan penelitian ini adalah program ekstrakurikuler Rohis dalam pembentukan karakter di SMK Negeri 1 Semarang, implementasi kegiatan ekstrakurikuler Rohis dalam pembentukan karakter di SMK Negeri 1 Semarang, kendala dan solusi kegiatan ekstrakurikuler Rohis dalam pembentukan karakter di SMK Negeri 1 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur penelitian. Sedangkan jenis penelitian yang akan digunakan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif, dengan metode analisis data deskriptif kualitatifTeknik pengumpulan data penulisannya melalui dokumentasi, observasi, wawancara, dan triangulasi baik terhadap data primmaupun data sekunder, data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan yang diinginkan Hasil temuan menunjukkan bahwa: 1) Program ekstrakurikuler Rohis dalam pembentukan karakter di SMK Negeri 1 Semarang dibuat oleh pembina dan pengurus Rohis. Program yang dibuat khusus oleh pembina bertujuan untuk mendidik karakter anggota dan pengurus Rohis dengan cara menyampaikan materi-materi keislaman dalam kegiatan rutin. Sementara program yang dibuat oleh pembina dan pengurus Rohis bertujuan untuk mendidik karakter siswa melalui program yang sifatnya dilaksanakan rutinan, bulanan, dan tahunan. 2) Implementasi kegiatan ekstrakurikuler Rohis dalam pembentukan karakter di SMK Negeri 1 Semarang bisa dikatakan dapat berjalan dengan baik karena pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam pembentukan karakter siswa ini penyampaian materi-materi keislaman, kegiatan rutinan, bulanan dan tahunan sudah berjalan sesuai dengan program kegiatan yang dibuat oleh pembina dan pengurus. Begitu juga dalam penyampaian materi menggunakan bermacam- macam metode seperti ceramah, diskusi, penugasan dan dialog interaktif, dengan masjid sebagai sarana yang digunakan. 3) Kendala dan solusi kegiatan ekstrakurikuler Rohis dalam pembentukan karakter di SMK Negeri 1 Semarang para pembina Rohis segera memberikan penanganan secepatnya ketika ada hambatan atau kendala dalam kegitan Rohis seperti kurangnya dana, pengurus dan anggota yang mempunyai doubel job, renggangnya hubungan antar pengurus, administrasi kurang baik, dan kurang kedisiplinan waktu segara diberikan solusi dan jalan keluar seperti mencarikan dana, memberikan mentoring mengadakan musyawarah/kerjasama, manfaatkan sarana dan prasarana dan memberikan motivasi, agar terlaksana semua kegiatan Rohis dalam menciptakan situasi atau atmosfer sekolah yang agamis salah satunya dari segi akhlak dan kegiatan ibadah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 05:16 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 05:16 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3973 |
Actions (login required)
View Item |