ARIZAL, LESTAMA (2023) PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN MENURUT SYEKH MUHAMMAD SYAKIR DALAM KITAB WASHOYA AL ABAA’ LIL ABNAA’ DAN KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALIM KARYA KH. HASYIM ASY’ARI. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
21200011018_PROGAM PASCASARJANA.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Disiplin, Washoya Al Abaa’ Lil Abnaa’ Adabul ‘Alim Wal Muta’alim . Berkembangnya zaman dan menurunnya pendidikan karakter kepada anak muda ataupun peserta didik, perlunya dalam lembaga pendidikan untuk menanamkan kembali nilai-nilai karakter yang bersifat disiplin kepada peserta didik. Karena menurut Syekh Muhammad syakir dan KH Hasyim Asy’ari peserta didik harus dibekali dengan akhlak yang baik dalam individunya maupun sosialnya. Itu yang menjadi kekhawatiran sekarang dan yang akan datang, adanya kemerosotan karakter maupun moral dari zaman ke zaman. Penelitian ini termasuk jenis penelitian library research atau penelitian kajian pustaka, adapun sifat dari penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data diantaranya reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan memverifikasi. Kemudian dalam menguji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data diantaranya yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Penelitian ini memberikan hasil kesimpulan bahwa konsep pendidikan karakter disiplin menurut Syekh Muhammad Syakir dan KH Hasyim Asy’ari masih relevan jika diterapkan diera modern dengan bukti masih banyaknya lembaga pendidikan baik formal maupun non formalyang menggunakan kitab-kitab beliau pada jenjang tertentu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 02:51 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 02:51 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3371 |
Actions (login required)
View Item |