Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH ELECTRONIC SERVICE QUALITY (E SERVQUAL) DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GAIA SHOP MELALUI APLIKASI SHOPEE (Studi Empiris pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wahid Hasyim Semarang)

Sinta, Salsabila (2023) PENGARUH ELECTRONIC SERVICE QUALITY (E SERVQUAL) DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GAIA SHOP MELALUI APLIKASI SHOPEE (Studi Empiris pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wahid Hasyim Semarang). Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
19101011238_EKONOMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat persaingan bisnis juga semakin ketat, sehingga Gaia Shop juga memanfaatkan perkembangan teknologi ini dengan bergabung melalui aplikasi Shopee untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumennya. Pengambilan keputusan pembelian konsumen dipengaruhi beberapa faktor termasuk electronic service quality (e-servqual) dan Online customer review. Kemampuan pelanggan dalam menilai barang secara online dan offline berbeda, informasi barang secara online hanya dapat dilihat melalui gambar dan deskripsi. Sehingga diperlukan kepercayaan pelanggan bahwa informasi yang diberikan adalah benar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh electronic service quality (e-servqual) dan online customer review terhadap keputusan pembelian pada Gaia Shop melalui aplikasi Shopee. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer atau kuesioner. Sedangkan populasi pada penelitian ini merupakan mahasiswa fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wahid Hasyim Semarang. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan sistem multivariate dengan jumlah sebanyak 120 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Variabel E-ServQual atau E-Service Quality berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai t hitung sebesar 7.054 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Online Customer Review berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan t hitung sebesar 2.569 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi 0.000 < 0,05. (3) Variabel E-ServQual dan Online Customer Review menunjukkan bahwa secara simultan dan Bersama-sama berpengaruh terhadap variabel Keputusan Pembelian dengan F hitung sebesar 31.532 > 3,07 dan nilai probabilitas signifikansi 0,000 < 0,05. Kata Kunci : Keputusan Pembelian, E-ServQual (E-service Quality), Online Customer Review

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 03 Jun 2023 08:15
Last Modified: 03 Jun 2023 08:15
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3331

Actions (login required)

View Item View Item