Riza, Fahmi Amrullah (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE TILAWATI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN SISWA KELAS VII SMP ISLAM NURUL HUDA MEJAGONG RANDUDONGKAL PEMALANG TAHUN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
SKRIPSI (riza fahmi amrullah) jadi.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode Tilawati, Kemampuan Membaca Al-Qur'an, PAI. Metode Tilawati adalah suatu metode belajar membaca Al-Quran yang dilengkapi dengan strategi pembelajaran dengan kebenaran membaca melalui individual dengan teknik baca simak. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan kepala sekolah mengenai latar belakang yang menjadi alasan sekolah SMP Islam Nurul Huda menggunakan metode Tilawati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an yaitu karena pada sebelumnya pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode baghdadiyah, Ketika diterapkannya metode tersebut siswa kurang adanya peningkatan dalam membaca Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan metode tilawati terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode tilawati terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII SMP Islam Nurul Huda Mejagong Randudongkal Pemalang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Sampel penelitian sebanyak 58 siswa, menggunakan teknik populasi dan sampel. Hasil analisis menggunakan uji paired sampel T-test menunjukan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan terdapat Pengaruh penggunaan metode Tilawati terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas VII SMP Islam Nurul Huda Mejagong Randudongkal Pemalang dan Hasil analisis menggunakan uji regresi linear sederhana menunjukan nilai R Square 0,652 atau 65,2 % yang berarti besar pengaruh penggunaan metode Tilawati terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas VII SMP Islam Nurul Huda Mejagong Randudongkal Pemalang adalah 65,2 %.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 29 May 2023 04:15 |
Last Modified: | 29 May 2023 04:15 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3308 |
Actions (login required)
View Item |