Khusna, Fahtun Nisa (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SURAH PENDEK DI KELAS 6 SD INTEGRAL HIDAYATULLAH LUQMAN AL HAKIM BATANG TAHUN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
KHUSNAA ACCC !!!!.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci : Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Hafalan Surah Pendek Peran guru Pendidikan Agama Islam merupakan komponen yang paling pokok dalam peningkatan pendidikan, dalam hal ini peran guru PAI ialah merencanakan serta melaksanakan kegiatan keagamaan yang bertujuan untuk menghasilkan peserta didik yang berkualitas. Peran guru PAI yang dimaksud disini ialah peran guru dalam meningkatkan hafalan surah pendek seperti di SDIH Luqman Al Hakim Batang. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hafalan surah pendek di kelas 6 SDIH Luqman Al Hakim Batang (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hafalan surah pendek di Kelas 6 SDIH Luqman Al Hakim Batang. Tujuan penelitian ini Ialah (1) Untuk mengetahui bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hafalan surah pendek di kelas 6 SDIH Luqman Al Hakim Batang, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hafalan surah pendek di kelas 6 SDIH Luqman Al Hakim Batang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hafalan surah pendek di kelas 6 SDIH Luqman Al Hakim Batang yaitu (a) sebagai pembimbing (b) sebagai fasilitator, (c) sebagai motivator. (2) Faktor pendukung peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hafalan surah pendek di kelas 6 SDIH Luqman Al Hakim Batang yaitu (a) Niat dan motivasi siswa, (b) lingkungan, (c) adanya sarana dan prasarana di sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya ialah (a) sebagian siswa kurang kesadaran diri, (b) pengaruh negatif teman, (c) keberagaman kemampuan daya ingat siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 29 May 2023 04:13 |
Last Modified: | 29 May 2023 04:13 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3306 |
Actions (login required)
View Item |