Nurul, Azizah (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RIMA (RISALATUL MAHIDZ) BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN FIKIH BAGI GENERASI Z DI SMP IT INSAN CENDEKIA SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
18106011242_AGAMA ISLAM.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Kata Kunci: Pengembangan. Media Pembelajaran, Haid, Fikih, Android, Generasi Z. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknoligi yang semakin pesat mengaruskan dunia pendidikan untuk mengupayakan adanya inovasi dan transformasi, salah satu uapaya yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan teknologi dan informasi sebagai media pembelajaran, karena media pembelajaran merupakan salah satu sarana penunjang peningkatan kualitas pendidikan dan sarana tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan terhadap pengembangan media pembelajaran RIMA (Risalatul Mahidz) berbasis android pada mata pelajaran fikih bagi generasi Z di SMP IT Insan Cendekia Semarang, serta untuk mengetahui kevalidan produk media pembelajaran RIMA (Risalatul Mahidz) berbasis android pada mata pelajaran fikih bagi generasi Z di SMP IT Insan Cendekia Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitiahn penelitian dan pengembangan atau Reseacrh and Developmen (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Sugiyono yang peneliti modifikasi hanya sampai lima tahap, yaitu potensi masalah, pengumpulan informasi/data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Teknik pengumpulan data yang dipakai terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi serta angket. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisi deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan dibutuhkan adanya sebuah pengembangan media pembelajaran RIMA (Risalatul Mahidz) berbasis android pada mata pelajaran fikih bagi generasi Z di SMP IT Insan Cendekia Semarang. Hasil pengembangan media ini valid untuk digunakan dengan kategori sangat baik. Hal tersebut dilihat dari hasil validitas yang dilakukan oleh ahli materi serta ahli media. Kelayakan media pembelajaran RIMA (Risalatual Mahid) berdasarkan penilaian ahli materi memperoleh skor (96)% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Kelayakan media berdasarkan penilaian ahli media memperoleh skor (94)% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran Fikih pada materi haid kelas VII semester Gasal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 23 May 2023 03:26 |
Last Modified: | 23 May 2023 03:26 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3237 |
Actions (login required)
View Item |