Wahid Hasyim University | Digital Repository

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP ISLAM TANWIRUL HIJA PRAMPELAN SAYUNG DEMAK

Itsna, Hidayatur Rohmah (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP ISLAM TANWIRUL HIJA PRAMPELAN SAYUNG DEMAK. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
18106011231_Pendidikan Agama Islam.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Pembentukan Karakter Religius Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena semakin maraknya sikap dan perilaku generasi bangsa usia pelajar yang menyimpang atau tidak sesuai dengan moral dan etika bangsa serta ajaran-ajaran Islam. Sebab selama ini pendidikan agama yang diterapkan oleh lembaga pendidikan berfokus pada masalah kognitif, sedangkan aspek afeksi dan psikomotorik kurang diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan strategi guru PAI dalam pembentukan karakter religius siswa Di SMP Islam Tanwirul Hija Prampelan Sayung Demak, (2) mendeskripsikan hasil strategi guru PAI dalam pembentukan karakter religius siswa di SMP Islam Tanwirul Hija Prampelan Sayung Demak, (3) mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung guru PAI dalam pembentukan karakter religius siswa di SMP Islam Tanwirul Hija Prampelan Sayung Demak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun yang menjadi sumber data adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi yang dilakukan guru PAI dalam pembentukan karakter religius siswa yaitu dengan strategi keteladanan, pembiasaan, ibrah dan amstal, pemberian nasehat, dan kegiatan literasi. (2) hasil dari strategi guru tersebut karakter religius siswa menjadi terbentuk, misalnya siswa lebih sopan dan santun terhadap guru dan orang tua, siswa terbiasa sholat dhuha dan dzuhur berjamaah, iman dan rasa syukur siswa semakin bertambah, (3) faktor penghambat berasal dari internal (diri siswa sendiri) dan eksternal (kerjasama guru dengan orangtua, teman sebaya, dan media massa), sedangkan faktor pendukung dari internal (orangtua) dan eksternal (sekolah, dan kerjasama antar guru).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 23 May 2023 03:20
Last Modified: 23 May 2023 03:20
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3234

Actions (login required)

View Item View Item