Nurul, Muzdalifatul Khoirunnisaa (2020) STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA RINGAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS IBADAH SHOLAT DI SMPLB NEGERI UNGARAN. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
Nurul Muzdalifatul Khoirunnisaa_166010027.pdf Restricted to Registered users only Download (21MB) |
Abstract
Kata Kunci : Strategi, Komunikasi Interpersonal, Tunagrahita Ringan, Kualitas Shalat. Komunikasi interpersonal adalah komunikasi antar dua orang secara tatap muka yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung. Setiap orang memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang maksimal begitupun dengan ABK tunagrahita terutama dalam hal ibadah shalat. Komunikasi yang dijalankan perlu adanya perencanaan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi. Guru juga memerlukan metoode yang tepat agar komunikasi dalam menyaompaikan materi. Tujuan penelitian ini pertama, untuk mendeskripsikan kualitas ibadah di SMPLB N Ungaran. Kedua, Untuk mendeskripsikan konsep komunikasi interpersonal guru dengan siswa berkebutuhan khusus tunagrahita ringan dalam meningkatkan kualitas ibadah shalat di SMPLB Negeri Ungaran. Ketiga, Untuk mendeskripsikan implementasi strategi komunikasi interpersonal guru dengan siswa berkebutuhan khusus tunagrahita ringan dalam meningkatkan kualitas ibadah shalat di SMPLB Negeri Ungaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi secara langsung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini pertama, kualitas ibadah shalat SMPLB N Ungaran sudah cukup baik bagi ABK seperti dibiasakannya shalat dhuhur berjamaah. Kedua, konsep komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan kualitas ibadah shalat dengan siswa tunagrahita ringan adalah menggunakan pendekatan dimana guru berkomunikasi dengan siswa melalui pendekatan individual maupun kelompok. Ketiga, implementasi strategi komunisi guru dalam meningkatkan kualitas ibadah shalat dengan siswa tunagrahita ringan adalah menggunakan pendekatan dengan siswa melalui komunikasi verbal maupun nonverbal dengan melalui interaksi dua arah atau lebih, serta menggunakan metode drill dan multisensori
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 05 Mar 2021 03:35 |
Last Modified: | 05 Mar 2021 03:35 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2961 |
Actions (login required)
View Item |