Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERBASIS CERITA PENDEK (CERPEN) MATERI TAAT, IKHLAS, KHAUF, DAN TAUBAT KELAS VII DI MTs YASIS AT-TAQWA KECAMATAN GODONG KABUPATEN GROBOGAN

Siti, Khariroh (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERBASIS CERITA PENDEK (CERPEN) MATERI TAAT, IKHLAS, KHAUF, DAN TAUBAT KELAS VII DI MTs YASIS AT-TAQWA KECAMATAN GODONG KABUPATEN GROBOGAN. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
Siti Khariroh_166010045.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci : Pengembangan, media pembelajaran berbasis cerita pendek (cerpen), Akidah Akhlak, siswa, kelas VII MTs Yasis At -taqwa kecamatan godong kabupaten grobogan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan keefektifan media pembelajaran Akidah Akhlak berbasis cerpen berdasarkan penilaian ahli materi, penilaian ahli media, dan hasil belajar siswa melalui soal pre test dan post test. Metode penilitian ini merupakan penelitian dan pengembangan ( Research and development). Penelitian pengembangan ini dilakukan melalui tujuh tahap, yaitu, tahap potensi masalah (kurangnya motivasi dan semangat peserta didik dalam proses pembelajaran), mengumpulkan informasi (wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes), desain produk (cerpen yang inovatif), validasi desain (validator ahli materi dan ahli media), revisi (revisi produk) , uji coba produk (uji coba cerpen), dan revisi produk (revisi cerpen). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, prosedur observasi, angket, pedoman dokumentasi, dan pedoman tes. Media berbasis cerpen valid untuk digunakan dengan katagori Baik. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil valid asi ahli materi dengan skor 4,08 atau kategori Baik dan validasi ahli media dengan skor 3,85 atau kategori Baik. Sedangkan media berbasis cerpen cukup efektif untuk digunakan. Hasil uji coba soal pre test dan post test penggunaan oleh siswa dapat dilihat bahwa dalam penggunaan di lapangan siswa memberikan tanggapan positif terhadap media berbasis cerpen. Hal tersebut ditunjukkan berdasarkan hasil perhitungan uji N Gain score (%) tersebut, menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score (%) untuk kelas eksperimen (media berbasis cerpen) adalah sebesar 57, 9571 % atau 58 % termasuk dalam kategori “cukup efektif”. Dengan nilai N-Gain score (%) minimal 20,00% dan maksimal 94,44%. Sementara untuk rata-rata N-Gain score (%) untuk kelas kontrol (konvensional) adalah sebesar 31,4217% atau 31,4% termasuk dalam kategori “tidak efektif”. Dengan nilai N -Gain score (%) minimal 7,14% dan maksimal 50,00%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 05 Mar 2021 03:02
Last Modified: 05 Mar 2021 03:02
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2954

Actions (login required)

View Item View Item